View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1C007056
Nama MahasiswaAJI PRAMONO
Judul ArtikelAnalisis Persepsi dan Kepuasan Anggota Terhadap Pelayanan KUD Mustika Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas
AbstrakKoperasi merupakan sebuah lembaga yang memiliki dan dimiliki oleh anggota. Masih rendahnya partisipasi anggota dalam kegiatan perkoperasian serta kurangnya memberikan masukan-masukan membuat kemajuan KUD Mustika tidak lancar. Hal ini terlihat dari pendapatan koperasi yang rendah. Oleh sebab itu, koperasi perlu mengetahui persepsi maupun kepuasan terhadap anggotanya untuk meningkatkan loyalitas anggota terhadap koperasi. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mengetahui persepsi anggota KUD terhadap kinerja pelayanan yang diberikan oleh KUD Mustika, (2) Menganalis kepuasan anggota KUD terhadap kinerja pelayanan yang diberikan oleh KUD Mustika, dan (3) Menganalisis pengaruh persepsi, kepuasan anggota atas kinerja KUD dan frekuensi transaksi terhadap jumlah nilai transaksi. Penelitian dilaksanakan di KUD Mustika Kecamatan Sumbang Banyumas pada bulan Agustus sampai September 2014. Metode penelitian yang digunakan dalam penentuan sampel adalah metode simple random sampling, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode Importance Performance Analysis (IPA), Costumer Satisfaction Index (CSI), serta analisis regresi. Pengambilan data dilakukan dengan survey dan memberikan kuisioner kepada 61 anggota KUD. Hasil penelitian ini adalah (1) Persepsi anggota terhadap kinerja KUD Mustika dinilai masih baik. Hasil anĂ¡lisis menunjukkan nilai persepsi sebesar 78,48%, yang berarti 78,48% kinerja KUD telah memenuhi harapan anggota. (2) Kepuasan anggota KUD Mustika dinilai cukup puas terhadap kinerja pelayanan yang diberikan oleh koperasi. AnĂ¡lisis CSI menunjukkan nilai kepuasan anggota terhadap kinerja KUD sebesar 68,60%. (3) Terdapat pengaruh frekuensi transaksi terhadap besaran nilai transaksi KUD, sedangkan persepsi anggota dan kepuasan anggota tidak signifikan mempengaruhi besaran nilai transaksi KUD Mustika.
Abstrak (Inggris)Cooperation is an institution that has and is owned by the members. The low participation of members in the cooperative activities and the lack of providing inputs make progress KUD Mustika not smooth. This is evident from the low income of the cooperatiion. Therefore, cooperations need to know the perception and satisfaction of its members to increase the loyalty of members. The purpose of this study was (1) Knowing perception KUD members on the services performance provided by KUD Mustika, (2) analyze the satisfaction of cooperation members on the performance of services provided by KUD Mustika, and (3) to analyze the influence of perception, satisfaction over the performance of members of cooperatives and frequency of transactions to total transaction value. The research was carried from August to September 2014 on KUD Mustika. Research targeting is the active members of KUD Mustika. The research method used in the determination of the sample is a simple random sampling method, while the research method used is the Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI), and regression analysis. Data were collected by questionnaire survey and provide the 61 member cooperatives. The results of this reseach were (1) Perception of KUD Mustika members performance is still considered good. The results of analysis indicate the perception of the value of 78.48%, which means that 78.48% KUD performance has met the expectations of members. (2) Satisfaction KUD Mustika members considered quite satisfied with the performance of cooperation service. CSI analysis shows the value of the member satisfaction KUD performance of 68.60%. (3) There is a massive influence on the frequency of transactions KUD transaction value, while the perception of members and member satisfaction did not significantly affect the amount of the transaction value KUD Mustika.
Kata Kuncikoperasi, kepuasan anggota, persepsi anggota, hubungan persepsi dan kepuasan anggota.
Nama Pembimbing 1Dr. Ir. Agus Sutanto, MP
Nama Pembimbing 2Dr. Ir. Suyono, MS
Tahun2015
Jumlah Halaman15
Page generated in 0.0535 seconds.