View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1F008119
Nama MahasiswaOKAY OGIN SUMARTO
Judul ArtikelA COMPARATIVE ANALYSIS OF LOVE METAPHOR IN THE SELECTED SONGS OF CELINE DION AND DIDI KEMPOT
AbstrakSumarto, Okay, Ogin. 2015. A Comparative Analysis of Love Metaphor in The Slected Songs of Celine Dion and Didi Kempot. Jurusan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jendral Soedirman, Purwokerto. Dibimbing oleh: Tuti Purwati, S.S, M.Pd., Dyah Raina Purwaningsih, S.S.,M.Hum., dan penguji eksternal R. Pujo Handoyo, S.S., M.Hum. Key words: analisis pebandingan, metafora cinta, lagu celine dion dan didi kempot Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tipe metafora cinta dalam lagu Celine Dion dan Didi Kempot, untuk menjelaskan arti dari tipe metafora tersebu, dan and untuk mengetahui persamaan dan perbedaan antara metafora cinta dalam lagu Celine Dion dan lagu Didi Kempot. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Peneliti menggunakan tehnik purposive sampling untuk mengambil data dengan proses menyeleksi data berdasarkan apa yang dibutuhkan dalam penelitian. Data dari penelitian ini yaitu 8 lirik lagu dari Celine Dion dan 8 lirik lagu dari Didi Kempot. Kemudian, sampel dari penelitian ini adalah 8 lirik lagu dari Celine Dion dan 8 lirik lagu dari Didi Kempot yang mengandung metafora cinta seperti yang dikemukan oleh Zoltan Kovecses. Setelah melakukan analisis, dari 23 kategori metafora cinta yang dikemukakan oleh Zoltan Kovecses, peneliti menemukan 15 kategori metafora cinta di dalam lagu Celine Dion and Didi Kempot. Cinta adalah fenomana alam,merupakan metafora dengan jumlah paling banyak ditemukan. Sedangkan, cinta adalah ikatan, cinta adalah nutrisi dan cinta adalah ketuhanan, merupakan metafora dengan jumlah yang paling sedikit ditemukan dibanding dengan yang lain. Berdasarkan analisis metafora cinta dalam lagu Celine Dio dan Didi Kempot, ditemukan beberapa persamaan dan perbedaan. Persamaannya antara lain: 1) Kedua penyanyi mempunyai pandangan yang sama terhadap cinta, 2) Ditemukan banyak metafora di dalam album lagu mereka, 3) Peneliti menemukan beberapa tipe metafora cinta yang sama di dalam lagu mereka. Sedangkan perbedaannya antara lain: 1) Celine Dion menggunakan lebih banyak metafora di dalam album lagunya, 2) Didi Kempot lebih banyak menggambarkan tentang kehidupan sosial dan budaya di dalam lagunya, 3) Ditemukan lebih banyak metafora cinta di dalam lagu Celine Dion, 4) Cinta adalah kepemilikan merupakan jumlah metafora yang paling banyak di temukan di dalam lagu Celine Dion, 5) Sedangkan, cinta adalah penyakit merupakan jenis metafora yang paling banyak ditemukan di dalam lagu Didi Kempot.
Abstrak (Inggris)Sumarto. Okay, Ogin. 2015. A Comparative Analysis of Love Metaphor in The Slected Songs of Celine Dion and Didi Kempot. English Department, Faculty of Humanities, Jenderal Soedirman University, Purwokerto. Supervised by: Tuti Purwati, S.S, M.Pd., Dyah Raina Purwaningsih, S.S.,M.Hum., and external examiner R. Pujo Handoyo, S.S., M.Hum. Key words: comparative study, love metaphor, celine dion and didi kempot’s songs The aims of this research are 1) to find out the types of love metaphors in the songs of Celine Dion and Didi Kempot, 2) to describe the meaning of those types of love metaphors, and 3) to discover the similarities and differences of love metaphors in Celine Dion and Didi Kempot’s songs. The method used in this research is qualitative method. The researcher used purposive sampling to take the sample which means that the process of selecting sample was based on the need of the research. The data of of this research were 8 songs lyrics of Celine Dion and 8 songs lyrics of Didi Kempot’s song. Then, the sample of this research were 8 song lyrics of Celine Dion and 8 song lyrics of Didi Kempot containing love metaphors proposed by Zoltan Kovecses. After conducting the analysis, the researcher found that from 23 categories of love metaphor proposed by Zoltan Kovecses, 15 of them were in Celine Dion and Didi Kempot’s selected songs album. Love is a Natural Phenomenon category has the highest number compared to other categories. On the other hand, Love is Bond, Love is Nutrient and Love is Deity categories are the lowest number compared to others. Based on the analysis of love metaphor in Celine Dion and Didi Kempot’s selected songs album, there are similarities and differences that are found in their songs album. The similarities are: 1) The two of them have the same perception about love, 2) There are many metaphors found in their songs album, 3) There are same types of love metaphor in their songs. On the other hand, the differences are: 1) Celine Dion are use more metaphors in her songs album, 2) Didi Kempot’s songs mostly describe about society and culture 3) There are more love metaphors in Celine Dion’s songs, 4) Love is Possession, is the highest number of love metaphors found in Celine Dion, 5) Meanwhile, the highest number of love metaphors found in Didi Kempot is Love is Disease.
Kata Kuncianalisis pebandingan, metafora cinta, lagu celine dion dan didi kempot. comparative study, love metaphor, celine dion and didi kempot’s songs
Nama Pembimbing 1Tuti Purwati, S.S., M.Pd.
Nama Pembimbing 2Dyah Raina Purwaningsih, S.S.,M.Hum.
Tahun2015
Jumlah Halaman10
Page generated in 0.0505 seconds.