View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)H1F011004
Nama MahasiswaFITRIA ADE NOORMALA
Judul ArtikelPEMETAAN BAWAH PERMUKAAN DAN PERHITUNGAN SUMBERDAYA HIDROKARBON DENGAN METODE VOLUMETRIK PADA BLOK SITUBONDO, CEKUNGAN JAWA TIMUR UTARA PROVINSI JAWA TIMUR
AbstrakBlok Situbondo termasuk kedalam Cekungan Jawa Timur Utara dan merupakan salah satu area yang mengandung cebakan hidrokarbon, diantaranya pada Formasi Ngimbang dan Formasi Kujung. Pemetaan bawah permukaan Blok Situbondo penulis menggunakan 3 sumur (Sumur Fitria-1, Sumur Fitria-2, dan Sumur Fitria-3), serta 22 lintasan seismik 2 dimensi. Litologi yang menyusun daerah penelitian pada Sumur Fitria-1 adalah batugamping dan batulempung pada Formasi Kujung, litologi yang menyusun Sumur Fitria-2 adalah batugamping dan sedikit batulempung pada Formasi Kujung dan batugamping, batupasir, dan batulempung pada Formasi Ngimbang. Sedangkan litologi yang menyusun Sumur Fitria-3 adalah batulempung dan batugamping pada Formasi Kujung, dan batugamping serta batulempung pada Formasi Ngimbang. Proses yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisa litologi berdasarkan kurva log, review lingkungan pengendapan dari laporan sumuran biostratigrafi, picking horison, picking sesar, serta mengidentifikasi serta menghitung sumberdaya yang berupa lead pada daerah penelitian. Hasil interpretasi penulis pada Blok Situbondo terdapat 9 peta struktur waktu dan 9 peta struktur kedalaman diantaranya peta basement, peta Kala Eosen Akhir, peta Kala Oligosen Akhir, peta Kala Miosen Awal, peta Kala Miosen Tengah, peta Kala Miosen Akhir, peta Kala Pliosen Awal, peta Kala Pliosen Akhir, dan peta Kala Pleistosen. Pada Blok Situbondo dari hasil interpretasi seismik lintasan 2 dimensi terdapat 5 sesar turun di daerah penelitian. 1 sesar turun berarah baratdaya-timurlaut, 1 sesar turun berarah cenderung barat-timur, dan 3 sesar turun berarah baratlaut-tenggara. Sumberdaya pada daerah penelitian terdapat 2 lead pada Kala Eosen Akhir dan pada Kala Oligosen Akhir yaitu pada Formasi Ngimbang dan Formasi Kujung. Lead Kala Eosen Akhir diperkirakan untuk P10 adalah 8.508,77 BSCF, untuk P50 adalah 8.778,89 BSCF, dan untuk P90 adalah 8.913,95 BSCF. Lead Kala Oligosen Akhir diperkirakan untuk P10 adalah 7.524,54 BSCF, untuk P50 adalah 6.772,09 BSCF, dan untuk P90 adalah 5.267,09 BSCF.
Abstrak (Inggris)Situbondo blocks belonging to the North East Java Basin and is one of the areas hydrocarbon deposits, including the Ngimbang Formation and Kujung Formation. Subsurface mapping Situbondo Block author using 3 wells (Wells Fitria-1 Well Fitria-2, and the Well Fitria-3), 22 two-dimensional seismic. Lithology at the Well Fitria-1 is limestone and mudstone at Kujung Formation. Lithology at the Well Fitria-2 is limestones and clay on Kujung Formation, and limestone, sandstone and claystone at Ngimbang Formation. Lithology at the Well Fitria-3 is claystone and limestone on Kujung Formation. Then limestone and claystone at Ngimbang Formation. Process in this research is the analysis of lithology based on log curve, review depositional environment from report biostratigraphy, picking of horizon, picking of fault, identify and calculate resources of leads in the area. The interpretation of the author of the Block Situbondo are 9 time structure maps and 9 depth structure maps of which basement map, Late Eocene map, Late Oligocene map, Early Miocene map, Middle Miocene map, Late Miocene map, Early Pliocene map, Late Pliocene map, and Pleistocene map. On Situbondo block from the 2-dimensional seismic interpretation there are 5 normal fault in the area of research. 1 normal fault have trend southwest-northeast, 1 normal fault have trend east-west, and 3 normal faults have trend northwest-southeast. Resources on the area of research there are two leads in Late Eocene and Late Oligocene is on Ngimbang Formation and Kujung Formation. Probably lead of Late Eocene for P10 is 8508.77 BSCF, for P50 is 8778.89 BSCF, and for the P90 is 8913.95 BSCF. Probably lead of Late Oligocene for P10 is 7524.54 BSCF, for P50 is 6772.09 BSCF, and for P90 is 5267.09 BSCF.
Kata KunciCekungan Jawa Timur Utara, Pemetaan Bawah Permukaan, Perhitungan Sumberdaya, Volumetrik
Nama Pembimbing 1Eko Bayu Purwasatriya, S.T., M.Si.
Nama Pembimbing 2Widyo Permono S.T., M.Eng.
Tahun2015
Jumlah Halaman13
Page generated in 0.0597 seconds.