View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)H1L012048
Nama MahasiswaFAIZATUNNISA
Judul ArtikelRANCANG BANGUN SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI PENYAKIT KEHAMILAN DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEBSITE
AbstrakMasa kehamilan merupakan masa yang penuh sensitivitas. Dalam prosesnya, dibutuhkan penanganan yang cepat dan tepat. Kesalahan ataupun keterlambatan penanganan dapat berakibat fatal. Itulah mengapa dibutuhkan suatu inovasi baru untuk mempermudah akses bagi ibu hamil dalam mendapatkan pengetahuan. Sementara, dalam ilmu pengetahuan dikenal istilah sistem pakar yaitu sistem yang dapat memindahkan pengetahuan seorang pakar ke dalam aplikasi komputer sehingga mempermudah dan mempercepat diagnosa suatu gangguan atau penyakit pada manusia. Tujuan dari penelitian ini yaitu merancang dan membangun suatu aplikasi untuk mendiagnosa penyakit yang terjadi pada masa kehamilan sehingga mempermudah dan mempercepat diagnosa penyakit yang dialami oleh ibu hamil. Penelitian ini menggunakan metode certainty factor yang berarti keputusan yang dihasilkan oleh sistem, dilengkapi dengan persentase keyakinan/kebenaran sehingga hasil dari sistem ini lebih akurat dan dapat dipercaya.
Abstrak (Inggris)The gestation period is full of sensitivity. In the process, requiring fast and precise handling. Errors or delays in treatment can be fatal. That is why we need a new innovation to facilitate pregnant women to obtain knowledge. While, in terms of science known expert system. it is a system that can move the knowledge of an expert in computer applications that facilitate and accelerate the diagnosis of a disorder or disease in humans. The purpose of this research is to design and implement an application to diagnose diseases that occur during pregnancy, thus simplifying and speeding up the diagnosis of disease experienced by pregnant women. This study uses the certainty factor means that the decision produced by the system, is equipped with a percentage belief / truth so that the results of this system is more accurate and reliable.
Kata KunciSistem Pakar,diagnosa, kehamilan, certainty factor
Nama Pembimbing 1Ipung Permadi,S.Si,M.Cs.
Nama Pembimbing 2Arief Kelik Nugroho,S.Kom.,M.Cs.
Tahun2016
Jumlah Halaman16
Page generated in 0.0561 seconds.