View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)H1L012054
Nama MahasiswaMOHAMMAD REZZA FAHLEVVI
Judul ArtikelRANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS WEB MENGGUNAKAN YII FRAMEWORK (STUDI KASUS SMP AL-IRSYAD PURWOKERTO)
AbstrakPeran guru bimbingan konseling di sekolah adalah membentuk kepribadian siswa menjadi pribadi yang baik. Tugas tersebut akan efektif apabila didukung dengan adanya sistem terkomputerisasi yang baik di sekolah agar proses pengolahan dan penyimpanan data bimbingan konseling dapat berjalan dengan lancar. Keterbatasan waktu dan jumlah guru BK yang terbatas menyebabkan proses bimbingan konseling menjadi kurang maksimal. Mulai dari pendataan catatan, rekapitulasi keterlambatan siswa, dan laporan catatan yang masih menggunakan buku biasa yang dirasa kurang efektif dan efisien. Oleh karena itu, untuk menanggulangi permasalahan tersebut dibutuhkan sistem informasi yaitu Sistem Informasi Bimbingan dan Konseling (SIBK) yang berfungsi untuk memudahkan guru bimbingan konseling dalam mengelola data pelanggaran, konsekuensi, tata tertib, catatan serta dapat mengetahui tentang rekam jejak yang dilakukan siswa di SMP Al-Irsyad Purwokerto. Sistem informasi ini telah selesai dibuat menggunakan teknologi Yii framework yang dirancang menggunakan UML (unified modeling language), PHP sebagai bahasa pemrograman, serta MySQL sebagai basis datanya. Dalam sistem ini juga terdapat fitur SMS gateway yang dapat membantu guru bimbingan konseling dalam menyampaikan informasi catatan kepada orang tua siswa.
Abstrak (Inggris)The role of counseling teachers in school are forming the personality of the student. This assignment will be effective if supported by a good computerized system in school so that the processing and data storage counseling can run smoothly. Limited time and number of counseling teachers causing the counseling process is not maximum. The survey notes, recapitulation delay students, and the report notes still use conventional system which is not effective nor efficient. To overcome these problems, the school required an information systems Guidance and Counseling (SIBK) that facilitate counseling teachers in managing data breach, consequences, good governance, records including the track record the students. This information system has been created using technology Yii framework designed using UML (unified modeling language), PHP as the programming language and MySQL as its database. This system also provide SMS gateway features that can help counseling teachers in conveying information notes to parents.
Kata KunciBimbingan konseling, Yii, UML, MySQL, gateway.
Nama Pembimbing 1Swahesti Puspita R, S.Kom.,M,T
Nama Pembimbing 2Dadang Iskandar, S.T.,M.Eng
Tahun2016
Jumlah Halaman10
Page generated in 0.0527 seconds.