View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)H1D012051
Nama MahasiswaSafety Husna Pangestika
Judul ArtikelANALISIS BIAYA KECELAKAAN PENGGUNA KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA DI WILAYAH PURBALINGGA DENGAN METODE GROSS OUTPUT
AbstrakPerkembangan teknologi, pertambahan penduduk dan luas kota di Indonesia menyebabkan peningkatan kendaraan pada lalu-lintas jalan raya. Sejalan dengan itu kebutuhan akan alat transportasi semakin meningkat. Bertambahnya jumlah kendaraan berpengaruh pada kemacetan lalu lintas. Hal ini berdampak pada bertambahnya waktu dan biaya perjalanan sehingga dapat meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas. Pemakai kendaraan sepeda motor memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami kecelakaan dibandingkan dengan penggunaan kendaraan lainnya seperti mobil. Hal ini disebabkan oleh kurangnya alat keselamatan pada sepeda motor. Sehingga dampak korban dari suatu kecelakaan sepeda motor akan lebih parah dari pada korban kecelakaan mobil. Bagi pihak korban hal tersebut mengakibatkan adanya biaya langsung dan biaya tidak langsung akibat kecelakaan. Biaya langsung akibat kecelakaan diantaranya adalah biaya perbaikan kendaraan, biaya administrasi, biaya medis dan hilangnya produktivitas. Sedangkan biaya tidak langsung akibat kecelakaan diantaranya adalah biaya yang dikeluarkan keluarga/kerabat korban dan biaya rasa sakit dan penderitaan. Dalam menghitung biaya kecelakaan lalu lintas jalan raya pada penelitian ini menggunakan metode Gross Output (Human Capital) karena metode-metode yang lain parameternya tidak sesuai jika diterapkan di Indonesia sehingga masih belum mencerminkan biaya kecelakaan lalu lintas, seperti biaya asuransi, biaya putusan pengadilan dan biaya penanganan kecelakaan. Dalam penelitian ini menggunakan metode Gross Output Method menurut Pd.T-02-2005-B dan Gross Output Method menurut Silcock dan Transport Research Laboratory. Pengumpulan data dilakukan dengan cara survei di lokasi penelitian baik berupa pengumpulan data primer maupun sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa perhitungan biaya kecelakaan pada komponen biaya langsung yang dihitung menggunakan acuan Silcock Transport Research Laboratory hasilnya lebih besar jika dibandingkan memakai metode Gross Output menurut Pd.T-02-2005-B untuk kecelakaan serius karena terdapat lama waktu korban mencari pekerjaan baru. Sedangkan untuk komponen biaya tidak langsung yang dihitung menggunakan acuan Pd.T-02-2005-B hasilnya lebih besar karena persentase human cost menurut Pd.T-02-2005-B lebih besar dari pada menurut Silcock Transport Research Laboratory.
Abstrak (Inggris)The development of technology, population growth and widening of city area in Indonesia lead to vehicle traffic on the highway. Vehicles growth affects on traffic jam. It stimulates then increasing travel time and travel cost that in turn drives traffic accident risk. Motorcylists in this regard get higher risk for having an accident than car user. This is caused by a lack of safety equipment on motorcyles. So the impact of a motorcycle victim accident will be more severe than in a car crash victim. In accordance with the victims, it generates direct and in-direct accident cost. The direct cost includes vehicle repairment, administration cost, medical cost, and productivity lost. On the other hand the indirect costs refer to cost incurred by families and relatives of victims and pain and suffering cost. In calculating cost of highway traffic accidents this study uses Gross Output method (Human Capital) since other methods take number of parameters that cannot reflect traffic accident cost in Indonesia. Those methods excercise some parameters i.e. insurance, court cost and cost of handling accidents. Futhermore this study uses Gross Output Method according to Pd.T-02-2005-B and Silcock and the Transport Research Laboratory. Data collection, both for primary and secondary data was conducted by a site survey. The results show that calculation of accident cost on the components of direct cost calculated using Gross Output Silcock and TRL is greater than those cost resulted from Gross Output Pd.-02-2005 T-B for serious accident because there is a long time victims seek new jobs. Whilst for the components indirect cost calculated using Gross Output Pd.-02-2005 T-B is greater because the percentage human cost according to Pd.T-02-2005-B is greater than Gross Output Silcock Transport Research Laboratory
Kata Kuncibiaya kecelakaan, metode Gross Output, Pd.T-02-2005-B, transport research laboratory
Nama Pembimbing 1Dr.Gito Sugiyanto, S.T., M.T.
Nama Pembimbing 2Probo Hardini, S.T., M.T.
Tahun2016
Jumlah Halaman105
Page generated in 0.0782 seconds.