View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)H1H012041
Nama MahasiswaNURDIANA SARI
Judul ArtikelVARIASI INDIVIDUAL PERTUMBUHAN DAN EKSPRESI GEN GROWTH HORMONE (GH) PADA BENIH IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus)
AbstrakIkan lele dumbo (Clarias gariepinus) merupakan organisme yang menunjukkan tingkat variasi yang luas dalam pola perilaku pertumbuhan di alam dan pada kondisi budidaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variasi ukuran individual benih lele dumbo (Clarias gariepinus) dan tingkat ekspresi gen Growth hormone (GH) pada benih lele dumbo berbeda ukuran. Sampel telur terbuahi diambil dari tiga pasang induk dari tiga lokasi berbeda yakni, Cilongok, Pamijen 1 dan Pamijen 2. Telur yang menetas dipelihara di laboratorium. Diameter telur, panjang dan berat benih lele dumbo pada hari ke-3 dan ke-14 diukur untuk menghitung nilai koefisien variasi. Sebagai pembanding, pengukuran panjang dan berat benih berumur 14 hari juga dilakukan pada sampel benih yang dipelihara oleh pembudidaya. Setelah satu bulan, benih dikelompokkan menjadi dua berdasarkan ukuran, kelompok besar dan kelompok kecil yang ditentukan berdasarkan ukuran individu. Sampel RNA di ekstrak dari kedua kelompok tersebut dan digunakan pada proses RT-PCR untuk mengukur tingkat ekspresi gen. Koefisien variasi diameter telur dari tiga pasang induk lele dumbo memiliki nilai yang relatif sama berkisar 5.45%− 6.5%. Koefisien variasi ukuran meningkat seiring dengan umur. Hasil menunjukkan bahwa lele dumbo memiliki variasi individual yang tinggi terutama pada parameter berat pada ikan yang dipelihara dalam kondisi budidaya (67%). Ekspresi gen Growth hormone (GH) hanya terdeteksi pada benih berukuran besar.
Abstrak (Inggris)African catfish (Clarias gariepinus) performs high individual variation of growth rate in wild or cultivation condition. Aims of this study were to determine variations in the size of individual fry of African catfish (Clarias gariepinus) and gene expression level of Growth Hormone (GH) in different sizes of fish. Sample of fertilized eggs was collected from three different broodstock cultivated ini Cilongok, Pamijen 1 and Pamijen 2. Diameter of egg was measured and length and weight of fry were measured at day 3 and 14 under laboratory condition. At day 14 size of fry cultured under farming condition was also measured. After one month under laboratory cultivation fish was devided in to big and small groups based on its size. Sample of RNA was extracted from each group and was used in RT-PCR for GH expression level examination. Results showed that egg sample from three different broodstock has similar value of coefficient variation in diameter ranged 5.45%-6.5%. Increase of invidual variation of growth was showed by increase of coefficient variation of length and weight of fish fry and it was correspond to increase of fish age. It was showed that catfish performed very high individual variation especially of weight under farming system (67%). Expression of GH was only detected from big group of the fish.
Kata KunciIkan lele dumbo (Clarias gariepinus), Variasi Pertumbuhan, Ekspresi gen Growth Hormone (GH)
Nama Pembimbing 1Dr. rer. nat. Hamdan Syakuri, S.Pi., M. Si
Nama Pembimbing 2Rudy Wijaya, S.Pi., M. Si
Tahun2016
Jumlah Halaman7
Page generated in 0.0677 seconds.