View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1F010044
Nama MahasiswaBELAJATI
Judul ArtikelRegister Analysis of Live English Football Match Commentary of UEFA Champions League Play-off Round on TV Broadcast
AbstrakBahasa komentator sepakbola memberikan gambaran akan variasi bahasa tertentu pada suatu komunitas yang tidak sama dengan penggunaan bahasa sehari-hari. Penelitian ini menganalisis bahasa yang digunakan oleh komentator pada pertandingan sepakbola yang disiarkan secara langsung di televisi. Dengan mengadopsi teori tentang register dalam kajian sosiolinguistik, saya mencoba menghubungkan studi tersebut dengan analisa sintaksis dan paralanguage. Tiga unit analisa digunakan untuk mengetahui karakteristik dari bahasa yang digunakan oleh komentator, yaitu register, aspek sintaksis dan juga fitur paralinguistik. Analisis dilakukan menggunakan metode kualitatif, dimana data dikumpulkan dengan tehnik purposive sampling dari transkrip. Data kemudian dianalisa untuk memperoleh koleksi kosakata spesifik, struktur sintaksis dan fitur paralinguistik dari ujaran komentator. Dari hasil penelitian diperoleh 6 kategorisasi register (istilah untuk pertandingan dan kompetisi, istilah untuk peran, istilah untuk hal taktis dan aktifitas lapangan, istilah untuk area dan penempatan, istilah untuk peraturan dan teknis dan istilah lainnya), 6 klasifikasi aspek sintaksis (penyederhanaan kalimat, inversi subjek predikat, ekspresi hasil, pengganti kata yang panjang dan padat, penggunaan tenses dan pengulangan kata atau frasa secara rutin) dan 3 jenis fitur paralinguistik (tingkat kekerasan suara, tingkat kecepatan berbicara dan intensitas nada). Penelitian ini menggambarkan kajian tentang register secara menyeluruh dari transkrip komentator sebuah siaran langsung pertandingan sepakbola di televisi.
Abstrak (Inggris)Football commentary language reflects certain language variation in a community which is dissimilar to the common language use in regular occasions. This research examines the language used by the commentators of football match during live broadcasting on television. Adopting the theory of register in sociolinguistics, I extend the study with the analysis of syntax and paralanguage to obtain the broader sense of register. Three units of analysis are inserted to determine the characteristic of their occupational language, the register, the syntactic aspects and the paralinguistic features. The analysis was conducted by using qualitative methods in which the data were collected by using purposive sampling technique from a transcription. The data were then analyzed to determine the collection of specific vocabularies, the syntactic structures and the paralinguistic features of the commentators’ utterances. The result shows that there are 6 categorizations of register (match and competition terms, role terms, tactical and instances terms, area and positioning terms, rules and technical terms and other terms), 6 classifications of syntactic aspect (simplification, inversion, result expression, heavy modifier, tense usage and routines) and 3 kinds of paralinguistic features (loudness, tempo and pitch). This research draws the study of register in a football match commentary on television broadcast at its full capacity.
Kata Kuncifootball commentary, register, syntactic aspect, paralinguistic features
Nama Pembimbing 1Tuti Purwati, S.S., M.Pd.,
Nama Pembimbing 2Ika Maratus Sholikhah, S.S., M.A.
Tahun2017
Jumlah Halaman11
Page generated in 0.0556 seconds.