View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1C013070
Nama MahasiswaMAULIYANA PUSPA ADITYASARI
Judul ArtikelStrategi Marketing Public Relations PT. Pos Indonesia (PERSERO) Purwokerto dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan
AbstrakPerkembangan internet kini mulai diikuti dengan menjamurnya jual beli online. Jual beli online ini mengharuskan barang dikirimkan ke tempat tujuan. Dengan begitu, meningkatnya jual beli online ini otomatis akan diikuti dengan meningkatnya kebutuhan transportasi barang dari satu tempat ke tempat lain. Dengan adanya fenomena tersebut maka tidak heran jika banyak bermunculan perusahaan jasa pengiriman barang. Semakin banyaknya perusahaan jasa pengiriman barang yang tersedia membuat perusahaan-perusahaan ini harus bersaing dengan sangat ketat. Penelitian ini membahas tentang strategi marketing public relations PT. Pos Indonesia (Persero) Purwokerto dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan Kantor Pos Purwokerto dalam mempertahankan loyalitas pelanggannya, walaupun ada banyak perusahaan sejenis yang bermunculan, namun sampai saat ini Kantor Pos masih eksis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini yakni dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam serta studi dokumentasi dan untuk validitas menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa strategi marketing public relations yang dilakukan oleh PT. Pos Indonesia (Persero) Purwokerto adalah (1) pendekatan pelanggan secara personal agar pelanggan merasa lebih diperhatikan, (2) memberikan pelayanan yang prima karena pelanggan adalah raja, (3) mengadakan special event secara berkala agar menarik perhatian pelanggan, (4) melakukan publikasi melalui media massa, serta publikasi yang disebut ‘owabong’ atau wajib ngomong yang tujuannya untuk mengenalkan produk-produk Pos agar dapat mempengaruhi seseorang memakai jasa perusahaan PT. Pos Indonesia.
Abstrak (Inggris)Nowadays, internet developments are followed by the proliferation of online trading. It is a necessity for a seller to deliver the goods, which are bought from online trading, to a buyer. By doing so, the raise of online trading is automatically followed by the increasing need for distribution of goods from one place to another. No wonder if this phenomenon makes delivery service companies appear. Increasing number of delivery service company makes those companies should compete to another companies strictly. This research discusses about the strategy of marketing public relations at PT. Pos Indonesia (Persero) Purwokerto in maintaining customer loyalty. The purpose of this study is to determine the strategy performed by Purwokerto Post Office in maintaining customer loyalty, Post Office still exist although there are many delivery service companies have sprung up. This method that is used in this research is qualitative. The method of informant selection is by using purposive sampling. The data for this research was collected by doing in-detail interview and documentation study and for the validity, this research is using triangulation of data source. The results of the research shows the strategies of marketing public relations that is performed by PT. Pos Indonesia (Persero) Purwokerto are (1) approaching customer personally in order to make customers feel more cared for, (2) providing excellent service because the customer is everything, (3) performing special events regularly in order to attract the attention of customers, (4) performing publication through the mass media, also the publication called 'Owabong' or wajib ngomong that is aimed to introduce Pos products that can affect someone to use PT. Pos Indonesia services.
Kata Kuncimarketing public relations,PT. Pos Indonesia, loyalitas pelanggan
Nama Pembimbing 1Shinta Prastyanti, MA
Nama Pembimbing 2Dra. Dwi Pangastuti, M.Si
Tahun2013
Jumlah Halaman9
Page generated in 0.0485 seconds.