View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1B012046
Nama MahasiswaDEA RIDIANA PUTRI
Judul ArtikelFUNGSI PENGEMBANGAN PEGAWAI DALAM PENGELOLAAN APLIKASI PROGRAM SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAERAH KEUANGAN PUSKESMAS DI KABUPATEN PURBALINGGA
AbstrakPenggunaan aplikasi program SIMDA Keuangan di Kabupaten Purbalingga merupakan suatu bentuk pemanfaatan teknologi dalam pengelolaan keuangan daerah dan peningkatan kualitas laporan keuangan daerah, namun Pemerintah Kabupaten Purbalingga belum mampu mengimplementasikan pengelolaan keuangan daerah berbasis komputer secara konsisten karena keterbatasan sumber daya manusia yang terlatih dan terampil. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan metode yang tepat dalam pengembangan pegawai pada aplikasi program SIMDA Keuangan di Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah dan UPTD Puskesmas di Kabupaten Purbalingga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pemilihan informan purposive sampling. Hasil temuan penelitian adalah masih ada beberapa bendahara Puskesmas yang belum menguasai pengelolaan keuangan dengan menggunakan aplikasi program SIMDA Keuangan. Oleh karena itu, metode pengembangan pegawai sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan para pegawai dengan metode On the Job Training dan metode Off the Job Training.
Abstrak (Inggris)Financial SIMDA program application usage in Purbalingga is a form of the use of technology in the area of financial management and improving the quality of financial reporting area, but the Government has not been able to implement the Purbalingga Regency financial management of computer-based consistently due to limited human resources trained and skilled. The purpose of this study to describe the proper methods in development of employees at Financial SIMDA program application Purbalingga. The research was conducted at the Department of Revenue, Finance, and Asset and UPTD health center in Purbalingga. The method used in this research is descriptive qualitative method with purposive sampling technique informant election. The findings are still some who have not mastered the treasurer financial management application using Financial SIMDA program. Therefore, the method of employee development is needed to improve the ability of employees with on the job training methods and methods of off the job training.
Kata KunciMetode On the Job Training, Metode Off the Job Training, Pengembangan Pegawai
Nama Pembimbing 1Drs. Darmanto Sahat Satyawan, M.Kes., M.Si
Nama Pembimbing 2Sendy Noviko, S.Sos., MPA
Tahun2017
Jumlah Halaman12
Page generated in 0.0545 seconds.