View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1C012011
Nama MahasiswaSAFITRI SANI NISRINA
Judul ArtikelPENGARUH IKLAN LAYANAN MASYARAKAT VERSI SAFETY DRIVING DI RADIO PRAMBORS TERHADAP PERILAKU PENDENGAR DALAM BERKENDARA
AbstrakPertumbuhan jumlah kendaraan di Indonesia tiap tahun kian meningkat begitu juga dengan resiko terjadinya kecelakaan. Salah satu faktor penyebab kecelakaan yang sering terjadi adalah kelalaian manusia yakni kebiasaan mengoperasikan ponsel saat berkendara. Demi menurunkan resiko terjadinya kecelakaan, Radio Prambors mengeluarkan Iklan Layanan Masyarakat tentang bahaya menggunakan ponsel saat berkendara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari Iklan Layanan Masyarakat versi safety driving yang disiarkan oleh Radio Prambors terhadap perubahan Perilaku pendengar dalam berkendara. Responden yang dipilih adalah para pendengar Radio Prambors yang aktif berkendara dengan jumlah 100 orang. Teori yang digunakan adalah teori SOR dengan dukungan model tanggapan kognitif dari Belch dan Belch. Sementara itu, metode penentuan sampel dilakukan dengan rumus Yamane dan teknik sampling yang digunakan adalah quota sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier sederhana dan uji hipotesis dilakukan dengan uji t. Hasilnya, koefisien korelasi R sebesar 0,373 sehingga dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang lemah antara variabel iklan layanan masyarakat terhadap perubahan perilaku pendengar, namun mempunyai arah hubungan yang positif dan signifikan. Hasil dari uji regresinya adalah variabel iklan layanan masyarakat mempengaruhi variabel perubahan Perilaku sebesar 13.9%.
Abstrak (Inggris)Growth in the number of vehicles in Indonesia is increasing every year as well as the risk of accidents. One of common cause of accidents is a human error which using phone while driving. Because of that, Prambors Radio broadcasts Public Service Announcement about the danger of using phone while driving. This research aims to determine whether or not the influence of public service announcements driving safety version broadcasted by Prambors Radio to change people’s attitude in driving. The respondents of this research are 100 Prambors Radio listener who active in driving. This study used theory of stimulus organism responses and supported by model of cognitive responses by Belch and Belch. Meanwhile, the sampling method used in this study was conducted by using Taro Yamame’s formula and the sample was selected by quota sampling technique method. Data analysis was conducted by using linear regression and hypothetic test was conducted by using t-test. As the result, the correlation coefficient is 0.373, which shows that there is positive and significant correlation between variables but the effect was weak. The result of the test of regression is “public service announcements” affect “the change of driving’s attitude” by 13.9%.
Kata KunciIklan Layanan Masyarakat, Model Tanggapan Kognitif, Perubahan Perilaku.
Nama Pembimbing 1Dr. Mite Setiansah, M.Si
Nama Pembimbing 2Dr. Agoeng Noegroho, M.Si
Tahun2017
Jumlah Halaman20
Page generated in 0.0538 seconds.