View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)G1D013058
Nama MahasiswaATHIFAH NUR ISTIQOMAH
Judul ArtikelPENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE): KARTU KUARTET TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MENGGSOK GIGI ANAK USIA SEKOLAH
AbstrakLatar belakang: Kejadian masalah gigi dan mulut banyak ditemukan pada anak usia sekolah. Anak usia sekolah dapat diberikan pelatihan menggosok gigi dengan metode yang menarik seperti alat permainan edukatif kartu kuartet. Tujuan: Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian alat permainan edukatif kartu kuartet terhadap peningkatan pengetahuan dan kerampilan menggosok gigi anak usia sekolah. Metode: Desain dalam penelitian adalah quasi experiment dengan pendekatan randomized pretest-posttest with control grup design. Jumlah sampel pada penelitian 42 anak. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified random sampling. Data yang terkumpul dianalisis secara statistik menggunakan Wilcoxon dan Mann-Whitney untuk pengetahuan sedangkan independent t test dan dependent t test untuk keterampilan menggosok gigi. Hasil: Terdapat perbedaan pengetahuan (p=0,000) dan keterampilan (p=0,000) menggosok gigi yang signifikan pada kelompok intervensi sebelum dan sesudah diberikan intervensi permainan kartu kuartet. Kesimpulan: Terdapat pengaruh alat permainaan edukatif kartu kuartet terhadap pengetahuan dan keterampilan menggosok gigi pada anak usia sekolah.
Abstrak (Inggris)Background: Dental problems are commonly be found among School-Age Children. School-Age Children can be trained about tooth brushing using on interesting methods, such as the education game: quartet card. Objective: The aim of this study was to determine the effect of the education game: quartet card on tooth brushing knowledge and skill of the school-age children. Methods: This study used a quasy experiment pretest-postest with control group design. This study recruited 42 respondents with stratified random sampling technique. Data were analyzed using Wilcoxon and Mann-Whitney test for knowledge score and independent t test and dependent t test for tooth brushing skill score Result: The results of this study showed that there were a significant differences of the knowledge (p=0,000) and tooth brushing skill score (p=0,000) after the the education game: quartet card intervention on the intervention group. Conclusion: The education game: quartet card is an effective metode to increase school-Age children’s knowledge and tooth brushing skill.
Kata KunciPengetahuan, keterampilan menggosok gigi, permainan, kartu kuartet
Nama Pembimbing 1Dian Susmarini
Nama Pembimbing 2Aris Fitriyani
Tahun2017
Jumlah Halaman18
Page generated in 0.052 seconds.