View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1C013010
Nama MahasiswaHABIBAH ALFIANI
Judul ArtikelEFISIENSI SALURAN PEMASARAN SALAK PONDOH DI KECAMATAN BANJARMANGU KABUPATEN BANJARNEGARA
AbstrakKecamatan Banjarmangu merupakan salah satu sentra produksi salak pondoh di Kabupaten Banjarnegara. Aspek pemasaran yang perlu diperhatikan dalam upaya peningkatan pemasaran salak pondoh di Kecamatan Banjarmangu adalah meningkatkan efisiensi saluran pemasaran. Tujuan penelitian: 1) Mengetahui pola saluran pemasaran salak pondoh di Kecamatan Banjarmangu dari produsen sampai ke konsumen akhir, 2) Mengetahui besarnya marjin pemasaran pada setiap lembaga pemasaran dalam saluran pemasaran salak pondoh di Kecamatan Banjarmangu, 3) Mengetahui besarnya bagian yang diterima oleh petani (farmer’s share) pada setiap saluran pemsaran salak pondoh di Kecamatan Banjarmangu, 4) Mengetahui efisiensi saluran pemasaran salak pondoh di Kecamatan Banjarmangu. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2017 di Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara. Rancangan pengambilan sampel menggunakan Two Stag Sampling. Metode analisis data: analisis marjin pemasaran, analisis farmer’s share, analisis biaya dan keuntungan, analisis transmisi harga, analisis efisiensi teknis dan ekonomis. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat 4 Saluran pemasaran salak pondoh di Kecamatan Banjarmangu. 2) Marjin pemasaran terkecil terdapat pada saluran IV sebesar Rp 2.862,50. 3) Farmer’s share paling tinggi pada saluran IV yaitu sebesar 57,59 persen. 4) Nilai elastisitas transmisi harga kurang dari satu, maka secara umum efisiensi pemsaran salak pondoh di Kecamatan Banjarmangu kurang efisien. 5) Saluran pemasaran I merupakan saluran yang efisien secara teknis dan ekonomis.
Abstrak (Inggris)Banjarmangu Subdistrict is one of the production center of pondoh sallaca in Banjarnegara Regency. One of the aspect marketing that should be noticed for enhancing marketing pondoh sallaca in Banjarmangu is to improve efficiency the marketing channel. The objectives of this research are: 1) To know the pattern of marketing channel of pondoh sallaca in Banjarmangu Subdistrict from producer to end consumer, 2) To know the marketing margin at each marketing institution of pondoh sallaca marketing channel in Banjarmangu Subdistrict, 3) Received by farmers (farmer's share) at each pondoh sallaca marketing channel in Banjarmangu Subdistrict, 4) To know the efficiency of pondoh sallaca marketing channel in Banjarmangu Subdistrict. This research conducted on March 2017 in Banjarmangu Subdistrict Banjarnegara Regency. The method used is the Multistage Sampling. The first step is selection of the village and the second step is used Two Stage Sampling for farmers and Snowball Sampling for merchants. Analysis methods: marketing margin analysis, farmer’s share analysis, analysis of benefits and costs, price transmission analysis, analysis of technical and economical efficiency. The results: 1)There is four marketing channel pondoh sallaca in Banjarmangu Subdistrict. 2) The smallest marketing margin is Rp 2.862,50 at marketing channel IV. 3) The largest farmer’s share at marketing channel IV is 57,59 percent. 4) Value of price transmission elasticity is less than one, so in general marketing efficiency in Banjarmangu Subdistrict are less efficient. 5) Marketing channel I is a technically and economically efficient marketing channel.
Kata KunciSalak pondoh, saluran pemasaran, efisiensi pemasaran.
Nama Pembimbing 1Ir. S.H. Suseno, S.U.
Nama Pembimbing 2Alpha Nadeira Mandamdari, S.P., M.P.
Tahun2017
Jumlah Halaman20
Page generated in 0.0638 seconds.