View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1G013009
Nama MahasiswaDEDI TRI SEPTIYANTO
Judul ArtikelFAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MEMBELI BUAH PEPAYA CALIFORNIA DI KOTA PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS
AbstrakPepaya merupakan salah satu buah-buahan yang memiliki banyak kandungan gizi, terutama sumber vitamin dan nutrisi yang penting dalam tubuh. Pepaya California merupakan salah satu buah yang banyak diminati masyarakat di Kota Purwokerto. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui karakteristik konsumen pembeli buah pepaya California (2) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli buah pepaya California dan (3) menganalisis variabel yang dominan berpengaruh dalam pembelian buah pepaya California menurut konsumen. Lokasi pengambilan data dilaksanakan di Pasar Cerme, Pasar Kober, Pasar Manis, Pasar Pon, Pasar Wage, MORO, dan Rita Supermarket serta kios buah yang berada di sekitar Pasar Wage, sekitar pasar Cerme, jalan H.R. Bunyamin, jalan Overste Isdiman, jalan Masjid, jalan Jenderal Soedirman dan jalan Komisaris Bambang Suprapto di Kota Purwokerto pada bulan Juli 2016 sampai Agustus 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survai, sedangkan metode penentuan sampel menggunakan metode ¬non probability sampling yakni menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel penelitian yang digunakan sebagai responden sebanyak 100 orang. Analisis yang digunakan pada penelitian ini, meliputi (1) uji validitas dan reliabilitas (2) analisis deskriptif dan (3) analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) karakteristik responden dengan persentase terbesar pada usia pada usia 31 sampai 40 tahun, jenis kelamin wanita, status sudah menikah dengan rata-rata jumlah anggota keluarga sebanyak 4 orang, rata-rata pendidikan responden SMA, pekerjaan sebagai ibu rumah tangga, pendapatan konsumen sebesar Rp3.000.000,00 sampai Rp5.000.000,00 perbulan dan dengan intensitas pembelian buah pepaya California sebanyak 3 kali dalam sebulan; (2) faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli pepaya California yaitu faktor pertama yang terdiri dari keamanan tempat, kenyamanan tempat dan kestrategisan tempat; faktor kedua yang terdiri dari promosi dan iklan; faktor ketiga yang terdiri dari warna kulit buah dan ukuran buah; faktor keempat yang terdiri dari kebersihan buah, harga buah, kestabilan harga buah dan bentuk buah; faktor kelima yang terdiri dari rasa buah dan warna daging buah dan (3) variabel dominan yang mempengaruhi konsumen dalam membeli pepaya California di Kota Purwokerto berdasarkan faktor loadingnya berturut-turut yaitu variabel kestabilan harga buah (0,757), rasa buah (0,729), keamanan lokasi penjualan (0,728), promosi (0,727) dan harga buah (0,721).
Abstrak (Inggris)Papaya is one of fruits that has a lot of nutritional value, especially a source of vitamins and nutrients that are essential for daily life. Papaya California is one of the most popular fruits in the city of Purwokerto. The purpose of this study were (1) to know the consumer characteristics of buyers of California papaya fruit, (2) analyze the factors that affect and (3) analyze the dominant variable in making purchasing decisions California papaya fruit in city of Purwokerto. The location for data retrieval held in the Cerme market, Kober market, Manis market, Pon market, Wage market, MORO and Rita supermarket, also fruits stalls which located around the Wage market, Cerme market, H. R. Bunyamin street, Overste Isdiman street, Masjid street, Jenderal Soedirman street and komisaris Bambang Suprapto street in city of Purwokerto on July 2016 until August 2016. The research method used is survey method, while the method of determining the sample using non-probability sampling method that is using accidental sampling technique with the number of research samples used as respondents as many as 100 people. The analysis used in this study, including (1) the validity and reliability (2) descriptive analysis, and (3) analysis of factors. The research showed, (1) The characteristics of respondents with the largest percentage in the age of 31 to 40 years, female gender, status is married with an average family member of 4 people, an average the highest education is high school, work as a housewife, the consumer’s income amounted to 3 million to 5 million rupiah per month and the intensity purchase California papaya fruits are 3 times in a month; (2) the factors that influence consumers in buying California papaya consists of five factors: the first refers to the security of the place, comfort and a strategic place. The second refers to the promotion and advertising. The third refers to the skin color of the fruit and fruit size. The fourth refers to the cleanliness of fruit, fruit price, the stability of the price of fruit and fruit shape. And the last refers to the taste of the fruit and flesh color, and (3) The dominant variables that influence consumers to buy this kind of papaya in Kota Purwokerto by successive loading factors those are the variable stability price of fruit (0,757), the fruit flavors (0,7209), a security point of place (0,728), promotion (0,727) and the prices of fruit (0,721).
Kata Kunci
Nama Pembimbing 1Dr. Ir. Suyono, M. S.
Nama Pembimbing 2Akhmad Rizqul Karim, S. P., M. Sc.
Tahun2017
Jumlah Halaman32
Page generated in 0.0504 seconds.