View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1C111041
Nama MahasiswaALFIONITA PUTRI KHARISTIA
Judul ArtikelPREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK JENIPER PADA P[USAT OLEH-OLEH DI KUNINGAN JAWA BARAT.
AbstrakCV. Mustika Flamboyant merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi Jeniper (Jeruk Nipis Peras). Kebutuhan konsumen akan produk-produk yang berkualitas dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya akan menjadikan konsumen semakin selektif dalam memilih produk yang akan dikonsumsi. Oleh karena itu, produsen Jeniper (Jeruk Nipis Peras) perlu mengukur preferensi konsumen yang paling disukai terhadap produknya. Tujuan penelitian ini (1) Mengetahui karakteristik konsumen dalam pembelian produk Jeniper (2) Mengetahui perilaku konsumen terhadap pembelian produk Jeniper (3) Mengetahui atribut apa saja yang dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan pembelian produk Jeniper (4) Mengetahui peringkat kepentingan atribut pembelian produk Jeniper. Penelitian ini dilaksanakan di toko oleh-oleh di Kabupaten Kuningan yaitu toko Teh Diah, toko Bu Sepuh, toko Teh Maya, toko Hasan. Rancangan pengambilan sampel menggunakan metode Judgment Sampling (purposive sampel). Jumlah sampel 100 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Cochran Q Test dan analisis conjoint. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Rata-rata karakteristik konsumen yang membeli produk Jeniper yaitu berusia 23 tahun, jenis kelamin perempuan, pekerjaan pegawai swasta, dan pendapatan diatas Rp 2.000.000. (2) Perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian produk Jeniper yakni aitu rutin dalam mengkonsumsi, frekuensi pembelian tidak tentu, banyaknya produk Jeniper yang di beli dalam setiap kali pembelian kurang dari lima botol, dan alasan konsumen membeli produk Jeniper adalah rasa. (3) atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian produk Jeniper yaitu, atribut harga, atribut manfaat produk, atribut rasa, atribut jenis produk, atribut jaminan produk. (4) peringkat kepentingan atribut pembelian produk Jeniper yaitu atribut jaminan produk, rasa, manfaat produk, jenis produk, dan ukuran kemasan. (5) preferensi konsumen terhadap pembelian produk Jeniper yaitu konsumen memilih dengan jaminan keamanan dalam membeli produk, rasa produk yang menyegarkan, memberikan manfaat dapat membantu mengurangi berat badan, produk Jeniper yang dibeli dengan jenis fresh drink, dan ukuran kemasan 140ml dengan harga Rp 7.000 perbotol, design produk yang menarik, dan toko oleh-oleh menjadi tempat pembelian produk yang dipilih konsumen.
Abstrak (Inggris)CV. Mustika Flamboyant is one company that produces Jeniper (lime juice). Consumer demand for quality products to meet their needs and wants will make consumers more selective in choosing products to be consumed.Therefore, the Jeniper producer needs to measure the most preferred consumer preferences for its products. The purpose of this study (1) Know the characteristics of consumers in purchasing Jeniper products (2) Knowing consumer behavior towards purchasing Jeniper products (3) Knowing what attributes are considered in making purchasing decision of Jeniper product. (4) Knowing the importance of attribute of purchase of Jeniper product. The research was conducted in a gift shop in Kuningan regency, namely Teh Diah store, Bu Sepuh store, Teh Maya store, Hasan store. The design of sampling using Judgment Sampling method (purposive sample). Number of samples 100 respondents. The analysis used in this research is Cochran Q Test and conjoint analysis. The results of the study showed that (1) The average characteristics of consumers who bought Jeniper products of 23 years of age, female sex, private employment, and income above Rp 2,000,000.(2) Consumer behavior toward purchasing decision of Jeniper product is routine in consuming, frequency of uncertain purchase, number of Jeniper product purchased in every purchase less than five bottles, and the reason consumers buy Jeniper product is taste. (3) attributes that consumers consider in making purchasing decisions of their products, price attributes, product benefit attributes, taste attributes, product type attributes, product warranty attributes. (4) attribute importance rating of Jeniper product attribute is attribute of product guarantee, taste, product benefit, product type, and packaging size .(5) consumer preference for the purchase of Jeniper products that consumers choose with security guarantees in buying the product, a refreshing product sense, providing benefits can help reduce weight, Jeniper products purchased with fresh drink type, 140ml packing size and Rp 7.000 , Attractive product design, and gift shop become the place of purchasing the selected product of consumer.
Kata KunciJeniper, preferensi, konsumen, Kabupaten Kuningan.
Nama Pembimbing 1Dr.Ir.Hj. Dyah Ethika N.,MP.
Nama Pembimbing 2Ir.Bambang Sumanto, M.Sc.
Tahun2017
Jumlah Halaman68
Page generated in 0.0633 seconds.