View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)H1C013031
Nama MahasiswaRIZKY SUTANTO
Judul ArtikelPERANCANGAN PROTOTYPE SISTEM MONITORING DAN KENDALI PADA GROUND WATER TANK MENGGUNAKAN SENSOR ULTRASONIC DAN WATER FLOW METER BERBASIS FUZZY
AbstrakKebutuhan air yang cukup besar dan kurangnya pasokan air yang memadai menjadi alasan dibutuhkannya sistem penyimpan air tambahan, salah satunya adalah dengan ground water tank. Pada ground water tank perlu adanya pengawasan, agar air tidak meluap pada saat diisi dan tidak kosong ketika akan digunakan yang dapat menimbulkan kerugian. Pada penelitian ini penulis merancang suatu sistem untuk melakukan monitoring dan kendali ketinggian air dengan parameter berupa ketinggian dan debit air. Sistem akan menggabungkan data ketinggian dan debit air yang akan diolah oleh mikrokontroler Arduino menjadi keluaran sistem berupa bukaan valve atau warning light yang menyala. Kedua data tersebut diproses dan dikendalikan berdasarkan aturan logika fuzzy. Pengendali logika fuzzy ini mengeluarkan informasi berupa jumlah bukaan valve atau nyala warning light berdasarkan parameter yang dihasilkan lalu dikirimkan ke Thingspeak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, Pemantauan menggunakan web thingspeak.com dan LCD menampilkan data berupa ketinggian air, debit air, status dari masing-masing solenoid valve, dan buzzer dengan tepat. Dan jika dibandingkan dengan hasil simulasi, maka nilai output yang dihasilkan hasilnya akurat, yaitu dengan persentase error rata-rata sebesar 0% untuk keluaran berupa bukaan valve. Dari hasil tersebut maka dapat dikatakan bahwa prototype yang telah dirancang dapat bekerja dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan.
Abstrak (Inggris)The substantial demand of water and lack of adequate water supply are the reasons for additional water storage systems, which is the ground water tank. In the ground water tank need to be supervised, so the water does not overflow when it is filled and not empty when it will be used which can cause losses. In this study the authors designed a system to perform monitoring and control of water levels with parameters such as altitude and water discharge. The system will combine the height and water discharge data to be processed by the Arduino microcontroller into system output in the form of valve openings or lighted warning lights. Both data are processed and controlled based on fuzzy logic rules. This fuzzy logic controller releases information in the form of the number of valve openings or the warning light flame based on the parameters produced and then sent to Thingspeak. Based on the results of research that has been done, monitoring using web thingspeak.com and LCD display data in the form of water level, water flow, the status of each solenoid valve, and buzzer appropriately. And when compared with the simulation results, then the resulting output value is accurate, it showed with an average percentage of error is 0% for the output of valve opening. From these results it can be said that the prototype has been designed to work properly and corresponding with the expectation.
Kata KunciGround Water Tank, Valve, Ultrasonic, Water Flow Meter, dan Fuzzy
Nama Pembimbing 1Agung Mubyarto, S.T., M.T
Nama Pembimbing 2Priswanto S.T., M.Eng
Tahun2017
Jumlah Halaman15
Page generated in 0.0786 seconds.