View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)G1G010026
Nama MahasiswaIVANA PUSPITA LALANLANGI PAKAN
Judul ArtikelPENGARUH VARIASI TEMPERATUR 2ºC, 25ºC dan 37ºC TERHADAP KEKUATAN GESER PERLEKATAN ANTARA DENTIN DENGAN RESIN KOMPOSIT PADA BONDING GENERASI V DAN VIII
AbstrakResin komposit merupakan bahan restorasi yang sering digunakan karena memiliki warna yang sama dengan email, mudah diaplikasikan langsung di dalam rongga mulut dan memiliki perlekatan yang baik pada permukaan gigi. Resin komposit tidak dapat berikatan secara alami dengan dentin sehingga diperlukan suatu bahan bonding. Bonding generasi V merupakan bonding yang sering digunakan pada praktik kedokteran gigi dan memiliki kekuatan perlekatan yang baik dengan pengaplikasian secara total-etch. Saat ini bonding mulai berkembang dengan pengaplikasian yang lebih praktis dan memiliki kombinasi ikatan mekanik dan kimia yang dapat memberikan perlekatan yang lebih baik. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kekuatan geser perlekatan antara dentin dengan resin komposit salah satunya melalui faktor temperatur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi temperatur 2ºC, 25ºC dan 37ºC terhadap kekuatan geser perlekatan antara dentin dengan resin komposit pada bonding generasi V dan VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental laboratoris dengan rancangan post test only group design. Sampel penelitian terdiri dari enam kelompok sebagai berikut kelompok A bonding generasi V terdiri dari temperatur 2ºC, 25ºC dan 37oC, kelompok B bonding generasi VIII terdiri dari temperatur 2ºC, 25ºC dan 37oC. Hasil uji two way ANOVA menunjukkan tidak terdapat pengaruh signifikan variasi temperatur 2ºC, 25ºC dan 37ºC dengan bonding generasi V dan VIII terhadap kekuatan geser dentin dengan resin komposit (p>0,05). Simpulan penelitian ini adalah temperatur 37ºC memiliki pengaruh paling tinggi terhadap kekuatan geser perlekatan antara dentin dengan resin komposit baik menggunakan bonding generasi V maupun VIII sedangkan temperatur 2ºC memiliki pengaruh paling rendah.
Abstrak (Inggris)Composite resin is a commonly used restoration material for its resemblance color with email, easy direct application in the oral cavity, and good adhesion to the tooth surface. Composite resin can not bind naturally with dentin, therefore a bonding material is required. The 5th generation bonding agent is commonly used in dental practice, has good adhesive strength with total-etch application. Recently, there has been a rapid growth in research and innovation on adhesive system, to obtain easier application as well as better mechanical and chemical adhesion. There are some methods to improve the shear bond strength of composite resin to dentin, one of them is by modifying the temperature of the bonding agents. The study was aimed to the effect of temperature 2ºC, 25ºC and 37ºC on shear bond strength of composite resin to dentin 5th and 8th generation bonding. This study was an experimental laboratory study with post test only group design. The samples were divided into 2 large groups which are Group A (5th generation bonding agent) and Group B (8th generation bonding agent) each group was subdivided into 3 subgroups as follows: 2ºC, 25ºC and 37ºC. Two way ANOVA revealed that there wasn’t significant difference of temperature on shear bond strength bettwen the groups. As conclusion, the temperature that has the highest effect on shear bond strength of composite resin to dentin using 5th and 8th generation bonding agents was 37ºC. Application at 2ºC has the lowest effect on shear bond strength.
Kata KunciKekuatan geser perlekatan, variasi temperatur, bonding generasi V, bonding generasi VIII
Nama Pembimbing 1drg. Irfan Dwiandhono, Sp.KG
Nama Pembimbing 2drg. Dian Noviyanti Agus Imam, M.D.Sc
Tahun2017
Jumlah Halaman17
Page generated in 0.0518 seconds.