View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)H1D013015
Nama MahasiswaORYZA AULIA PUSPITASARI
Judul ArtikelPENGARUH PENGGUNAAN SERBUK KACA SEBAGAI FILLER PADA CAMPURAN ASPHALT CONCRETE-WEARING COURSE (AC-WC) TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL
AbstrakAsphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC) merupakan lapisan permukaan konstruksi jalan raya yang berhubungan langsung dengan roda kendaraan. Lapisan ini menerima beban paling besar sehingga kualitas campuran harus baik agar tidak mudah rusak. Berkaitan dengan lapis perkerasan, secara fisik serbuk kaca dapat digunakan sebagai alternatif filler pada campuran AC-WC karena memiliki kadar silika yang tinggi sehingga mampu mengikat agregat dan aspal. Penelitian ini bertujuan untuk mencari kadar aspal optimum (KAO), nilai karakteristik Marshall dengan filler serbuk kaca, dan kadar serbuk kaca optimum. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen laboratorium. Variasi kadar aspal yang digunakan 4,5%, 5%, 5,5%, 6%, dan 6,5% terhadap total berat campuran dan diperoleh nilai KAO sebesar 5,9%. Setelah diperoleh nilai KAO, dibuat benda uji dengan variasi filler serbuk kaca 0%, 25%, 50%, 75%, dan 100% terhadap berat filler total (agregat yang lolos saringan no. 200). Kemudian dilakukan pengujian terhadap benda uji tersebut dengan metode uji Marshall. Hasil analisis nilai karakteristik Marshall menunjukkan bahwa benda uji dengan filler serbuk kaca menghasilkan nilai stabilitas MQ, VFA, dan density semakin tinggi, sedangkan nilai flow, VMA, dan VIM semakin rendah. Semakin banyak kadar filler serbuk kaca yang diberikan untuk campuran, maka lapisan perkerasan cenderung kaku dan getas. Untuk itu kadar serbuk kaca optimum yang digunakan untuk campuran adalah ≤45% dari filler total.
Abstrak (Inggris)Asphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC) is a surface layer of highway construction which has dirrect realtion with vehicle wheels and therefore receives biggest load. Hence quality of the mixture should be good so that it will not be easily damaged. With regards to the pavement, glass powder can be used as an alternative filler for AC-WC mixture because it has high levels of silica. Therefore glass powder is able to bind the aggregate and asphalt. The aims of this research are to find the value of optimum asphalt content (KAO), Marshall characteristic value with glass powder filler, and value of optimum glass powder. This research uses laboratory experiment method. Five level variations of bitumen are used: 4,5%, 5%, 5,5%, 6%, and 6,5% of total weight of the mixture, so the value of KAO is 5,9%. Once the KAO value is obtained, the specimen will be set with filler variations of glass powder 0%, 25%, 50%, 75%, and 100% of total filler weight (aggregate which passing filter number 200). The specimen will be then tested by Marshall test method regarding Marshall characteristics. Resulting of the test using glass powder showed that in AC-WC mixture the value of stability, MQ, VFA, and density are increased, whilst the value of flow, VMA, and VIM are decreased. If the level of the glass powder filler increases, the pavement layer becomes rigid and brittle. Therefore, optimum glass powder content used for the mixture is ≤ 45% of the total filler.
Kata Kunciserbuk kaca, Filler, Asphalt Concrete-Wearing Course, karakteristik Marshall
Nama Pembimbing 1Eva Wahyu Indriyati
Nama Pembimbing 2Probo Hardini
Tahun2017
Jumlah Halaman9
Page generated in 0.0592 seconds.