View Artikel Ilmiah

Kembali
NimC1A010083
NamamhsARISKA CAHYO SADEWO
Judul ArtikelANALISIS EFISIENSI PEMASARAN DURIAN DI DESA KARANGSALAM KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS
AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis saluran pemasaran durian di Desa Karangsalam, dan menganalisis tingkat efisiensi pemasaran durian di Desa Karangsalam, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas berdasarkan analisis efisiensi operasional dan harga. Jenis penelitian ini adalah survei terhadap petani durian di Desa Karangsalam. Metode penentuan ukuran sampel minimal menggunakan rumus Slovin sehingga jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 52 petani. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling (acak sederhana), sedangkan untuk penentuan sampel penebas dan pengecer menggunakan metode snowball sampling. Selanjutnya, teknik analisis data menggunakan teknik tabulasi, korelasi dan regresi berdasarkan penghitungan tingkat efisiensi operasional (operational efficiency) dan efisiensi harga (pricing efficiency). Berdasarkan hasil analisis data, dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat lebih dari satu saluran pemasaran durian di Desa Karangsalam, Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas. Secara operasional saluran pemasaran durian di Desa Karangsalam sudah efisien, namun ditinjau dari harga, saluran pemasaran durian di Desa Karangsalam, Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas belum efisien. Mengacu pada kesimpulan tersebut, maka dapat diimplikasikan bahwa sebagai upaya untuk terus meningkatkan pendapatan dari usahatani duriannya, para petani di Desa Karangsalam, Kecamatan Kemranjen sebaiknya menjual hasil produksinya melalui saluran pemasaran II yang memiliki farmer’s share lebih tinggi dibandingkan dengan saluran pemasaran I. Di samping itu, para petani juga perlu untuk terus menjual hasil produksi duriannya kepada konsumen secara langsung dengan tetap mempertimbangkan kapasitas produksi dan jumlah permintaan pasar. Sebagai upaya untuk mewujudkan efisiensi harga dalam pemasaran durian, para petani di Desa Karangsalam, Kecamatan Kemranjen sebaiknya melakukan kerja sama dengan para lembaga pemasaran yang terlibat dalam menetapkan tingkat harga yang saling menguntungkan dan adil serta sesuai dengan kemampuan finansial konsumen agar terjadi integrasi harga secara sempurna antar pasar di tingkat petani dengan pasar di tingkat konsumen
Abstrak (Inggris)Aims of this research were to analyze the marketing channel of durian at Karangsalam Village, and to analyze the marketing efficiency level of durian at Karangsalam Village, Kemranjen District in Banyumas Regency based on operational and price efficiency. Type of this research was survey on durian farmers at Karangsalam Village. Method to determine the minimum sample size used Slovin formula, so number of respondents within study of 52 farmers. Sampling method used simple random sampling technique, while to determine sample of fruit shoppers and retailers used snowball sampling method. Furthermore, technique of data analysis used tabulation, correlation and regression analysis techniques based on calculation of operational and price efficiency level. Based on the analysis results, it could be concluded that there were some marketing channels of durian at Karangsalam Village, Kemranjen District in Banyumas Regency. Operationally, marketing channel of durian at Karangsalam Village has been efficient, but in terms of price, marketing channel of durian at Karangsalam Village, Kemranjen District in Banyumas Regency was inefficient. Refers to these conclusion, it could be implied that durian farmers at Karangsalam Village of Kemranjen District should sell their products through marketing channel of II which has the higher value of farmer's share if compared with marketing channel of I. Additionally, durian farmers also need to continue to sell their durian product to consumers directly, keeping in mind the production capacity and the amount of market demand. As an effort to realize the price efficiency in durian marketing, farmers at Karangsalam Village, Kemranjen District should collaborate with marketing agencies involved in establishing the mutually beneficial price levels and equitable with the financial capabilities of consumers in order to achieve price integration perfectly between markets at the farm level and markets at the consumer level
Kata KunciSaluran Pemasaran, Efisiensi Operasional, Efisiensi Harga
Nama Pembimbing 1Drs. Herman Sambodo, MP.
Nama Pembimbing 2Drs. Supadi, M.Si.
Tahun2017
Jml halaman20
Page generated in 0.1304 seconds.