View Artikel Ilmiah

Kembali
NimG1B010016
NamamhsHARI MUCHAMAD YUSUF
Judul ArtikelFAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PHBS OLEH SISWA SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) B YAKUT PURWOKERTO
Abstrak Latar belakang:Difabel adalah orang yang mempunyai kelainan fisik atau mental, yang dapat mengganggu aktivitas fisik, ini membuat penyandang Difabel membutuhkan perhatian lebih dalam bidang kesehatan khususnya PHBS. Perilaku PHBS tersebut dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti pengetahuan dan sikap. Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan crossectional. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Luar Biasa (SLB) B Yakut Purwokerto.Variabel independent dalam penelitian ini adalah sikap dan pengetahuan PHBS, variabel dependent adalah perilaku PHBS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa tuna rungu, tuna wicara di SLB Yakut Purwokerto yang berjumlah 100 orang yang terdiri dari siswa siswi SD, SMP, dan SMA. Siswa terdiri dari kelas VI, VII, VIII, IX, X, XI, XII. Sampel diambil secara total sampling yakni seluruh siswa tuna rungu, tuna wicara di SLB Yakut Purwokerto yang berjumlah 100 siswa. Hasil penelitian: H0 diterima yakni ada hubungan antara pengetahuan dan perilaku PHBS siswa SLB B yakut Purwokerto karena hasil Asymp. Sig. (2-sided) kurang dari nilai Apha 0,05. H0 juga diterima yakni ada hubungan antara pengetahuan dan perilaku PHBS siswa SLB B yakut Purwokerto karena hasil Asymp. Sig. (2-sided) kurang dari nilai Apha 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 39% siswa SLB B Yakut memiliki pengetahuan PHBS baik dan 61% memiliki pengetahuan kurang baik, 61% siswa SLB B Yakut memiliki sikap PHBS baik DAN 39% memiliki sikap kurang baik, 39% siswa SLB B Yakut memiliki perilaku PHBS baik dan 61% siswa SLB B Yakut memiliki perilaku PHBS kurang baik. Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan pengetahuan dengan perilaku PHBS. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa ada hubungan sikap dengan perilaku PHBS.
Abstrak (Inggris)ABSTRACT RELATED FACTOR OF PHBS IN SPECIAL SCHOOL STUDENTS (SLB) B YAKUT PURWOKERTO 1Hari Muchamad Yusuf,2Siti Masfiah, 3Kuswanto Background:Diffable is a person who has a physical or mental disorder, which can interfere with their physical activity, this makes the Disabled require more attention in the health sector, particularly the PHBS. The behavior of these PHBS are influenced by factors such as knowledge and attitudes. Methodology:This study used a quantitative method with crossectional design. This research was conducted at Special School (SLB) B Yakut Purwokerto. The independent variable in this research is knowledge of the PHBS attitude, and the dependent variable is behavior of the PHBS attitude. The population in this study are all deaf students, and speech impaired at SLB Yakut Purwokerto, totalling 100 people consisted of Elementary School students, Junior High, and high school. Students consists of classes VI, VII, VIII, IX, X, XI, and XII. Samples taken in total sampling consisted whole deaf students, and speech impaired at SLB B Yakut Purwokerto. Research results:H0 is accepted, There is a relationship between knowledge and behavior of Students’s PHBS at SLB B yakut Purwokerto, because Asymp. Sig (2-sided) value result are less than Apha 0.05. H0 is also accepted, There is a relationship between knowledge and behavior of Students’s PHBS at SLB B yakut Purwokerto, because Asymp Sig (2-sided) value result are less than Apha 0.05. The result showed that 39% students have a good knowledge about PHBS, and 61% have less knowledge about PHBS, 61% Students have a good attitude of the PHBS and 39% students have bad attitude of the PHBS, 61% students have a good behavior of the PHBS and 39% students have bad behavior of the PHBS. Conclusion:The results of the study indicate that there is a connection between knowledge with the behavior of the PHBS. Research results also showed that there is a connection between attitude with the behavior of the PHBS.
Kata KunciPHBS, SLB, Pengetahuan, sikap, perilaku
Nama Pembimbing 1Siti Masfiah
Nama Pembimbing 2Kuswanto
Tahun2017
Jml halaman9
Page generated in 0.082 seconds.