View Artikel Ilmiah

Kembali
NimF1F010010
NamamhsOKTARY REDITA PUTRI
Judul ArtikelAN ERROR ANALYSIS IN STUDENTS’ NARRATIVE WRITING (A Study in English Literature Students Academic Year 2016/2017 of Jenderal Soedirman University)
AbstrakPenelitian ini dilakukan untuk menemukan kesalahan yang umumnya paling sering dilakukan oleh mahasiswa Sastra Inggris angkatan 2016 Universitas Jenderal Soedirman dalam ujian menulis dan menemukan sumber dari kesalahan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data disajikan dalam bentuk analisa deskriptif dan menggunakan prosedur analisa kesalahan menurut teori Heidi Dulay. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kesalahan terbanyak yang dilakukan oleh mahasiswa adalah misinformation dengan jumlah 377 kesalahan. Kedua adalah omission dengan jumlah 130 kesalahan. Ketiga adalah addition dengan jumlah 60 kesalahan. Kesalahan yang sedikit dilakukan oleh mahasiswa adalah misorder dengan jumlah 21 kesalahan. Berdasarkan hasil keseluruhan dari jenis kesalahan tersebut, peneliti menemukan bahwa jumlah sumber kesalahan adalah interlingual transfer yang memiliki 383 sumber kesalahan, communication strategy memiliki 142 sumber kesalahan, intralingual transfer memiliki 55 sumber kesalahan, dan context of learning memiliki 18 sumber kesalahan. Kata kunci: analisa kesalahan, menulis, teks naratif
Abstrak (Inggris)This researh is aimed to find the most common errors and the source of errors in narrative writing examination made by English literature students academic year 2016 of Jenderal Soedirman University. The general concern of this research is writing and the main general concern of this research is narrative text. The kind of this research is qualitative research. The data is presented in descriptive analysis way and the procedure of Error Analysis used is according to Ellis and Barkhuizen theory The result of the study showed that the highest error made by the students is misinformation wich has 377 errors. The second is omission with the number is 130 errors. The third is addition with 60 errors. The lowest error is misorder which has 21 errors. Based on the total result types of errors, the writer found that the number of total source of errors are interlingual transfer which has 383 source of errors, comunication strategy has 142 source of errors, intralingual transfer has 55 errors, and context of learning has 18 source of errors.
Kata Kuncianalisa kesalahan, menulis, teks naratif
Nama Pembimbing 1Indriyati Hadiningrum, S.S., M.Hum.
Nama Pembimbing 2Slamet Riyadi., S.S., M.Pd.
Tahun2017
Jml halaman91
Page generated in 0.0607 seconds.