View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1C111037
Nama MahasiswaDIDIT DIMAS HARIYADI
Judul ArtikelEFISIENSI PEMASARAN KENTANG (Solanum tuberosum L) ASAL DESA PANDANSARI KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES
AbstrakDesa Pandansari merupakan daerah penghasil kentang terbesar di Kabupaten Brebes. Kentang bagi petani mempunyai peran cukup strategis terutama dalam meningkatkan pendapatan petani karena merupakan produk unggulan dan dari segi ekonomi menguntungkan serta layak untuk dikembangkan. Pemasaran kentang di Desa Pandansari melibatkan beberapa lembaga pemasaran sehingga memudahkan para petani untuk memasarkan kentang. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi saluran pemasaran kentang di Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes, (2) Menghitung besarnya marjin pemasaran kentang pada setiap saluran pemasaran, (3) Menghitung bagian harga yang diterima petani (farmer’s share), persentase biaya dan keuntungan tiap-tiap saluran pemasaran, (4) Mengetahui saluran pemasaran kentang yang paling efisien. Penelitian dilakukan dengan metode survey dengan rancangan pengambilan sampel Simple Random Sampling untuk petani, snowball sampling untuk pedagang, diperoleh 25 responden petani dan 10 responden pedagang perantara. Metode analisis yang digunakan meliputi : analisis deskriptif, analisis marjin, farmer’s share, biaya pemasaran, keuntungan, dan analisis efisiensi teknis dan ekonomis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat 3 saluran pemasaran kentang di Desa Pandansari, dengan rincian: Saluran I yaitu petani – pengumpul – pedagang besar – konsumen akhir, saluran II yaitu petani–pengumpul–pengecer–konsumen akhir, saluran III yaitu petani–pengecer–konsumen akhir. (2) Marjin pemasaran kentang di Desa Pandansari pada setiap saluran pemasaran yaitu : Saluran I sebesar Rp5.000,00/kg, saluran pemasaran II sebesar Rp4.909,00/kg, dan saluran pemasaran III sebesar Rp4.029,00/kg. (3) Farmer’s share terbesar ada pada saluran pemasaran III sebesar 66,50%. Persentase biaya terkecil ada pada saluran III sebesar 29,43%. Persentase keuntungan terbesar pada saluran pemasaran III sebesar 70,57%. (4) Berdasarkan nilai indeks efisiensi teknis dan efisiensi ekonomis, saluran pemasaran kentang yang paling efisien adalah saluran III karena memiliki nilai indeks efisiensi teknis terkecil dan indeks efisiensi ekonomis terbesar.
Abstrak (Inggris)Pandansari is the biggest producer of potato in Brebes Regency, Central Java. To local farmers, potato is playing strategic role to enhance their income considering that potato is one of reliable product, economically feasible and profitable for further development. Marketing of potatoes in the village Pandansari involves several marketing agencies making it easier for farmers to sell potatoes. The purpose of this research are : (1) Identify Marketing value chain of potato in Pandansari, Paguyangan district, Brebes, (2) Evaluate Marketing margin for each value chain, (3) Evaluate farmer’s share, percentage of cost and profit in each value chain, (4) Decide the efficient marketing value. The Research was developed by conducting survey methods : Simple Random Sampling for farmers (25 respondents), Snowball Sampling for intermediary sellers (10 respondents). The Analysis method is conductedby using descriptive analysis, margin analysis, farmer’s share, efficiency analysis in term of technical and economical. The result show that (1) there are 3 (three) distribution channel of marketing potato : First channel (farmer-collector-main seller-end customer), Second channel (farmer-collector-retailer-end customer) and Third channel (farmer-retailer-end customer). (2) Marketing margin for each distribution channel : First channel produces margin of Rp5.000,00/kg, Second channel produces margin of Rp4.909,00/kg, and Third channel has margin of Rp4.029,00/kg. (3) The highest farmer’s share is for third channel (66,50%), the lowest cost percentage is in the third channel (29,43%), and also for highest profit percentage is third channel (70,57%).(4) According to Technical Efficiency Index and Economical Efficiency Index, the most efficient distribution channel shall be third channel considering that the channel will have lowest Technical Efficiency Index and highest Economical Efficiency Index.
Kata Kunci efisiensi pemasaran, kentang, marjin pemasaran, saluran pemasaran, farmer’s share
Nama Pembimbing 1Ir. Dwi Purwastuti, M. Si.
Nama Pembimbing 2Indah Widyarini, S.P., M.Sc.
Tahun2017
Jumlah Halaman58
Page generated in 0.0661 seconds.