View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)H1L011064
Nama MahasiswaARI PRAKOSO KURNIAWAN
Judul ArtikelRANCANG BANGUN SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI JENIS PENYAKIT KELAMIN PADA MANUSIA MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS ANDROID
AbstrakPerkembangan teknologi yang semakin pesat bertujuan untuk mempermudah kehidupan manusia dalam berbagai segi kehidupan. Berbagai segi kehidupan seperti ekonomi, pendidikan dan kesehatan tak luput dari pemanfaatan teknologi. Hadirnya kecerdasan buatan merupakan pilar-pilar dari kemajuan teknologi karena dengan adanya cabang ilmu seperti sistem pakar, sistem fuzzy dan cabang ilmu lainya telah berhasil membantu kemajuan di kehidupan manusia. Alat kelamin atau organ seksual adalah sebagian dari anatomi tubuh makhluk hidup yang terlibat dalam reproduksi seksual. Dapat dikatakan alat kelamin atau organ seksual merupakan bagian penting dalam tubuh manusia tentunya harus diperhatikan kesehatan serta kebersihannya. Tapi yang terjadi ssat ini adalah masih banyak masyarakat yang belum sadar akan betapa pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan alat kelaminnya masing-masing. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dirancang dan dibangun sebuah sistem pakar yang dapat mengidentifikasi penyakit kelamin pada manusia yang di bangun berdasarkan pengetahuan dari pakarnya. Serta terdiri dari tiga level user yaitu admin, pakar dan pengguna. Sistem pakar identifikasi penyakit kelamin pada manusia ini di bagun dengan metode certainty factor berbasis Android.
Abstrak (Inggris)Development technology increasing rapidly aims to simplify people’s lives in many different aspect of life. Various aspects of life such as economy education and health didn’t escape the use of technology. The presence of artificial intelligence are the cornerstones of technological progress because of the presence of science such as expert systems fuzzy systems and other branches of science have helped progress in human life. Genitals is a part of human’s body which is involved in sexual reproduction. It can be said as importance things of human’s body and it must be considered health and cleanliness but which is happening right now, there are still many people who are not aware of the importance of maintaining the cleanliness and health of their genitals. Therefore this study was designed and built an expert system that can identify of venereum disease in human based on the knowledge of experts. As well as consists of three levels, namely the admin, experts and users. Expert system identification of venereum disease with certainty factor method on based android built.
Kata KunciKecerdasan Buatan, Sistem Pakar, Kelamin, Penyakit Kelamin, Android
Nama Pembimbing 1Ipung Permadi, S.Si, M.Cs
Nama Pembimbing 2Arief Kelik Nugroho, S.Kom, M.Cs
Tahun2017
Jumlah Halaman12
Page generated in 0.0509 seconds.