View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1C012013
Nama MahasiswaDELLA AYUTYAS ANIZAR
Judul ArtikelKOMUNIKASI INSTRUKSIONAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI PENDIDIKAN PENDIDIKAN SEKOLAH ALAM (STUDI KASUS: SEKOLAH CITRA ALAM JAGAKARSA, JAKARTA SELATAN)
AbstrakPendidikan anak usia dini merupakan hal yang krusial untuk perkembangan kepribadiannya. Pada masa keemasan anak, dibutuhkan penanganan yang tepat sehingga terbentuk kepribadian yang baik. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kajian komunikasi pendidikan khususnya pada penggunan konsep komunikasi instruksional dalam proses pembentukan karakter pada anak usia dini yang terdapat di Sekolah Citra Alam, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Metode penelitian kualitatif deskriptif. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data diuji dengan cara teknik trianggulasi sumber. Pada penelitian ini validitas data diuji dengan cara membandingkan data hasil wawancara dengan hasil dengan membandingkan hasil wawancara salah satu sumber dengan yang lain di sertai hasil observasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa komunikasi instruksional digunakan oleh Sekolah Citra Alam untuk membentuk karakter pada anak usia dini dengan menekankan pada 1) modifikasi materi pembelajaran akademik 2)pemilihan bahasa pengajaran 3)penggunaan media penunjang belajar yang digunakan oleh Sekolah Citra Alam.
Abstrak (Inggris)ABSTRACT Early childhood education is a crucial thing for a chld’s personality development. In a child’s golden age, they must be treated rightly thus they will develop good personality. The purpose of this study is to understand how instructional education communication is used in the process of building one’s character in Sekolah Citra Alam, Jagakarsa, South Jakarta. The study used descriptive qualitative method with puposive sampling technique for choosing the informants. Data collection done by doing indepth interview, observation and documentation. Data analysis done by using interactive analysis which consists of three steps; data reduction, data display, and conclusion. To tests the data’s validity, researcher compared the data from an informant to another. The result of this study showed that instructional communication was used in Sekolah Citra Alam for developing the character in early childhood by emphasizing 1) academic material modification, 2) the use of good language in teaching, and 3) the use of education media support.. Keyword: Instructional communication. Character development, nature-based school education.
Kata KunciKata kunci: komunikasi instruksional, pembentukan karakter, pendidikan sekolah alam
Nama Pembimbing 1Tri Nugroho Adi, M.Si
Nama Pembimbing 2Drs. Bambang Widodo, M.Par
Tahun2017
Jumlah Halaman13
Page generated in 0.0743 seconds.