View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1B013006
Nama MahasiswaSUNDARI
Judul ArtikelSTRATEGI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DALAM PENCAPAIAN TARGET PENDAPATAN ASLI DAERAH PADA SEKTOR RETRIBUSI PASAR (Studi di Pasar Sarimulyo Kabupaten Banyumas)
AbstrakStrategi untuk meningkatkan pendapatan asli daerah pada sektor retribusi pasar di pasar Sarimulyo Kabupaten Banyumas sudah dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banyumas dimana strategi tersebut sudah cukup berhasil dijalankan tetapi masih ada beberapa aspek yang belum berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan strategi intensifikasi dan ekstensifikasi yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banyumas. Dan juga untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan dan faktor-faktor yang menghambat jalannya strategi tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian yaitu dilakukan di Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan juga di pasar Sarimulyo Kabupaten Banyumas. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dan accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi intensifikasi yang dilakukan adalah dengan memperluas basis penerimaan melalui identifikasi pedagang dan meningkatkan kesadaran WR/ wajib retribusi. Meningkatkan pengawasan dengan memperbaiki proses pengawasan dan memberikan sanksi bagi penunggak retribusi. Memperkuat proses pemungutan dengan melakukan sosiali Perda tentang reribusi dan intensitas pemungutan retribusi. Upaya lainnya adalah meningkatkan efisiensi administrasi dan juga meningkatkan kapasitas pendapatan dengan bekerjasama dengan instansi yang terkait. Adapun strategi ekstensifikasi dilaksanakan melalui penggalian objek-objek retribusi baru. Namun hal tersebut belum bisa dilaksanakan karena keadaan pasar yang baru di bangun ulang.
Abstrak (Inggris)A strategy to improve local revenue on the market levy in the market Sarimulyo Banyumas district has been carried out by office industry and trade banyumas district where the strategy is enough was successfully run but there is still some aspects which have not going well. The purpose of this research is described implementation of the extension intensification and done by the agency trade and industry banyumas district. And also to know the efforts being conducted and the factors that hinder the course of the strategy. The methodology used the descriptive qualitative. Research sites that is done in office industry and trade and also in the market Sarimulyo Banyumas district. The selection of the sampling method of using a technique purposive informants and the sampling method of accidental .The research results show that strategy the intensification of what can be done is by expanding the base by identifying revenue traders and raise awareness w. r. / levies .Improve the supervision by improving the process of supervision and give sanction for retribution at the same time asking . Strengthen the levy process by conducting a local regulation on reribusi sosiali and intensity of their collection of levies . Other efforts improve the efficiency of administration and also increasing its capacity income by cooperating with the related agencies . As for adding to the number of strategy implemented through an excavation new levies objects . But it has not yet been implemented because of the ensuing emerging markets in repeated wake up
Kata KunciKata Kunci: Pendapatan Asli Daerah, Strategi Intensifikasi, Strategi Ekstensifikasi
Nama Pembimbing 1Drs. Swastha Dharma, M.Si
Nama Pembimbing 2Drs. Ngalimun, MPA
Tahun2017
Jumlah Halaman16
Page generated in 0.0605 seconds.