View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)B1J013001
Nama MahasiswaNAVIZHATUL AMANAH
Judul ArtikelINTENSITAS DAN KERAGAMAN EKTOPARASIT PADA UDANG WINDU (Penaeus monodon Fab.) YANG DIDARATKAN DI TEMPAT PELELANGAN IKAN SLEKO KABUPATEN CILACAP
AbstrakUdang windu (Penaeus monodon Fab.) dapat terinfeksi oleh ektoparasit. Kondisi lingkungan seperti suhu, lokasi geografis, kedalaman air dan gangguan atropogen lainnya dapat mempengaruhi hubungan inang dengan ektoparasit. Pengambilan sampel dilakukan di Pasar Ikan (TPI) Sleko di Desa Sleko, Cilacap Selatan yang merupakan sarana jual beli hasil tangkapan laut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas serangan ektoparasit dan untuk mengetahui keragaman ektoparasit pada udang windu. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan fasilitas informasi ilmiah mengenai intensitas dan untuk mengetahui keragaman ektoparasit yang ditemukan di perairan laut Cilacap yang dapat digunakan sebagai sumber data untuk mengambil langkah strategis dalam mengendalikan kondisi lingkungan di perairan Cilacap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Hasil perhitungan tertinggi intensitas ektoparasit adalah Zoothamnium sp. dari 29,33 ind / udang yang mengindikasikan tingkat serangan sedang, dan hasil penghitungan intensitas terendah ektoparasit adalah Vorticella sp. 6,27 ind / udang yang mengindikasikan tingkat serangan rendah. Hasil perhitungan keragaman ektoparasit pada udang windu sebesar 1,00 menunjukkan tingkat keanekaragaman yang sedang.
Abstrak (Inggris)Tiger prawns (Penaeus monodon Fab.) can be infected by ectoparasites. Environmental conditions such as temperature, geographical location, water depth and other atropogenic disturbances may affect host relations with ectoparasites. Sampling was done at Fish Market (TPI) Sleko in Sleko Village, South Cilacap which is a means of buying and selling activities of sea catch. This study aimed to determine the intensity of ectoparasite attacks and to know the diversity of ectoparasites in tiger prawns. The benefits of this research are to give scientific information facilities on the intensity and to know diversity of ectoparasites found in Cilacap marine waters that can be used as a source of data to take strategic steps in controlling environmental conditions in the waters of Cilacap. The method used in this research was survey method. Sampling was done by random sampling technique. Highest calculation result of ectoparasite intensity was Zoothamnium sp. of 29.33 ind / prawn that indicates moderate attack rate, and the result of calculating the lowest intensity of ectoparasite was Vorticella sp. of 6.27 ind / prawn which indicated low attack rate. The result of ectoparasite diversity calculation on tiger prawns were equal to 1.00 indicated moderate level of diversity.
Kata KunciPenaeus monodon, ectoparasite, intensity, diversity
Nama Pembimbing 1drh.Rokhmani, M.Si.
Nama Pembimbing 2Drs. Edy Riwidiharsi, M.S
Tahun2017
Jumlah Halaman44
Page generated in 0.1091 seconds.