View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1C113003
Nama MahasiswaDITA PUTRI KARUNIA
Judul ArtikelFaktor - faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pembelian Sayuran Organik pada Pasar Modern dan Pasar Tradisional di Kota Jakarta Selatan
AbstrakFenomena dari pasar modern menjadikan banyak pilihan untuk membeli sayuran organik. Namun, hal ini tidak mengurangi minat konsumen manapun untuk memilih pasar tradisional sebagai tempat untuk membeli sayuran organik. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui faktor – faktor yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam pembelian sayuran organik pada pasar modern dan pasar tradisional di Kota Jakarta Selatan; 2) Mengetahui faktor yang paling dominan bagi konsumen dalam pembelian sayuran organik pada pasar modern dan pasar tradisional di Kota Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoder survei. Tempat penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) yaitu di Pasar Modern Carrefour Lebak Bulus dan Pasar Tradisional Mayestik. Penelitian dilaksanakan pada bulan April hingga Mei 2017. Sasaran penelitian ini ditujukan kepada konsumen sayuran organik di Pasar Modern Carrefour Lebak Bulus dan Pasar Tradisional Mayestik. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari wawancara dengan konsumen menggunakan kuesioner dan data sekunder yang diperoleh dengan mencatat literatur dan dokumen lainnya yang berkaitan dengan penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang paling dominan sehingga dapat menimbulkan keputusan pembelian produk sayuran organik di Pasar Modern Carrefour Lebak Bulus adalah faktor psikologis yang memiliki variabel dengan loading factor tertinggi yaitu sebesar 0,886 dan Pasar Tradisional Mayestik adalah faktor harga yang memiliki variabel dengan loading factor tertinggi yaitu sebesar 0,920.
Abstrak (Inggris)The phenomenon of modern markets has many choices of buying organic vegetables. However, this does not reduce interest from any consumer to choose traditional market as a choice of place to buy organic vegetables. The purpose of this research are: 1) to know the factors considered by consumers in the purchase of organic vegetables in modern markets and traditional markets in South Jakarta; 2) to know the most dominant factor for consumers in purchasing organic vegetables in modern markets and traditional market in South Jakarta. The research method used is survey method. The location of the research was chosen purposively in The Modern Market of Carrefour Lebak Bulus and The Traditional Market of Mayestik. The research was conducted from April to May 2017. The target of this research is directed to consumer of organic vegetables in The Modern Market of Carrefour Lebak Bulus and The Traditional Market of Mayestik. Samples were taken by using Accidental Sampling. The data collected was primary data obtained from interviews for consumers used questionneres, while secondary data taken by noting literature and other documents related to the study. Data was analyzed using factorial analysis. The results showed that the most dominant factor that can lead to the decision to purchase organic vegetables product in The Modern Market of Carrefour Lebak Bulus is a psychological factor that has the variable with the highest loading factor that is equal to 0,886, and The Traditional Market of Mayestik is a price factor that has the variable with the highest loading factor that is equal to 0,920.
Kata Kunciperilaku konsumen, sayuran organik, pasar modern, pasar tradisional.
Nama Pembimbing 1Ir. Sri Widarni, M.Si
Nama Pembimbing 2Dr. rer. agr. Djeimy Kusnaman, Agr. M.Sc.
Tahun2017
Jumlah Halaman20
Page generated in 0.0582 seconds.