View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1C013081
Nama MahasiswaMUHAMMAD RIZQI FAUZI
Judul ArtikelPola Komunikasi Suami-Istri LDR (Long Distance Relationship) Pada Keluarga Nelayan Ngaloran Dalam Penggunaan Media Internet Di Desa Muarareja, Kota Tegal
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi suami-istri LDR (Long Distance Relationship) dengan mengggunakan media internet dalam keluarga nelayan ngaloran di desa Muarareja, kelurahan Muarareja, kecamatan Tegal Barat. Metode dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Purposive sampling digunakan untuk penentuan informan dan in deph interview untuk proses wawancaranya. Kriteria informan yang akan di cari adalah a) mereka yang usia perkawinannya di atas 10 tahun dan di bawah 10 tahun ; b)mereka yang telah menjalani hubungan LDR (Long Distance Relationship) di atas 10 tahun dan di bawah 10 tahun ; c)mereka yang suaminya bekerja sebagai nelayan ngaloran dengan jangkauan waktu di atas 1 tahun dan di bawah 1 tahun. Berdasarkan hasil wawancara dengan informan yang berjumlah 4 keluarga nelayan ngaloran desa Muarareja pada 26 Juli sampai dengan 8 Agustus 2017, mereka sangat terbantu dengan adanya media internet untuk proses komunikasi selama menjalani hubungan LDR (Long Distance Relationship) ini. Jenis media internet yang digunakan untuk berkomunikasi pada keluarga nelayan ngaloran desa Muarareja antara lain : messenger, whatsapp, imo dan skype. Kemudian dari informan yang berhasil di wawancarai mereka menerapkan pola keseimbangan terbalik dikarenakan adanya dominasi suami meskipun dia tidak berada di rumah, suami dapat mengontrol istri dalam setiap pengambilan keputusan yang akan di ambil.
Abstrak (Inggris)This study research aims to find out how the pattern of communication between husband and wife LDR (Long Distance Relationship) by using internet media in fishermen family ngaloran in Muarareja village, West Tegal subdistrict. The method used in this research is qualitative with descriptive approach. Purposive sampling is used for the determination of informants and in-deph interviews for the interview process. Criteria informants will be sought as : a) their marriage age above 10 years and below 10 years of age; b) those who had had a relationship LDR (Long Distance Relationship) above 10 years and below 10 years of age; c) those whose husband worked as a fisherman ngaloran with jangkaua time over 1 year and under 1 year. Based on interviews with informants, amounting to 4 family fishing ngaloran village Muarareja on July 26 until August 8, 2017, they were greatly helped by the internet media to the communication process while undergoing the relationship LDR (Long Distance Relationship) is. Internet media types are used to communicate on a family fishing ngaloran village Muarareja among others : messenger, whatsapp, imo and skype. Then from informants who successfully interviewed them to implement a reverse balance due to the dominance of the husband even though she was not at home, husband and wife can control in any decisions that will be taken.
Kata Kuncipola komunikasi suami-istri, media internet
Nama Pembimbing 1Dr. Agoeng Noegroho, M.Si
Nama Pembimbing 2Dra. Dwi Pangastuti, M.Si
Tahun2017
Jumlah Halaman19
Page generated in 0.0541 seconds.