View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1B012058
Nama MahasiswaSETO DWI ANGGORO
Judul ArtikelPengarug Isi Kebijakan dan Konteks Kebijakan terhadap Keberhasilan Implementasi Program Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri 1 Patikraja Kabupaten Banyumas
AbstrakABSTRAK Program Manajemen Berbasis Sekolah adalah sebuah program yang dibuat pemerintah untuk memberikan otonomi khusus dalam hal pengelolaan dan penentuan kebijakan atas permasalahan yang dimiliki yang bertujuan untuk meningkatan mutu dan kualitas pendidikan. Pelaksanaan program manajemen berbasis sekolah diharapkan mampu meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan disetiap sekolah terutama yang berada di daerah-daerah yang jauh dari lingkup kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang positif dan signifikan antara Isi Kebijakan dan Konteks Kebijakan terhadap Keberhasilan Implementasi Program Manajemen Berbasis Sekolah di SMPN 1 Patikraja Kabupaten Banyumas. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Patikraja. Dalam penelitian ini menggunakan teori implementasi menurut Merilee S Grindle. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif dengan pendekatan survey. Sasaran padapenelitian ini adalah adalah tenaga pendidik SMPN 1 Patikraja dengan sampel 31 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara, obsevasi dandokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah distribusi frekuensi,Kendall tau, Kendall W, dan analisis regresi ordinal.Hasil penelitian menunjukan bahwa dari kedua variabel yang terdiri dari isi kebijakan dan Konteks Kebijakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan implementasi. Hal inimembuktikan bahwa semua variabel independen mempunyai pengaruh positif dansignfikan terhadap variabel dependen yaitu keberhasilan implementasi.
Abstrak (Inggris)ABSTRACT The School Based Management Program is a program that was created by the government in order to provide special autonomy in terms of managing and determining policies on issues that are aimed on improving the quality of education. The implementation ofschool-based management program is expected to improve the quality of education in every school, especially those whose located in areas that are far from the city. This study aims to determine whether there is a positive and significant influence between the Policy Content and the Implementation Context toward the Successful Implementation of School Based Management Program in SMPN 1 Patikraja,Banyumas Regency.This research was conducted in SMPN 1 Patikraja.In this study using the implementation theory according to Merilee S Grindle. The research method used is quantitative associative with survey approach. The target of this research is educator in SMPN 1 Patikraja with as much as 31 people. Data were collected through questionnaires, interviews, observations and documentation. A data analysis technique that is being used is the frequency distribution, Kendall tau, Kendall W, and ordinal regression analysis.The results showed that the two variables consist of policy content and implementation context have a positive effect on the successes of the implementation. This proves that all the independent variables have a positive and significance influence to the dependent variable, which is the successful implementation.
Kata Kunci Implementasi, Program Manajemen Berbasis Sekolah
Nama Pembimbing 1Drs. Simin, M.Si
Nama Pembimbing 2Drs. Moh Imron, M.Si
Tahun2017
Jumlah Halaman12
Page generated in 0.075 seconds.