View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)H1D013039
Nama MahasiswaLEVANA ASTARINA
Judul ArtikelKARAKTERISTIK KECELAKAAN LALU LINTAS DAN ANALISIS LOKASI BLACK SPOT DI KABUPATEN BOGOR
AbstrakSalah satu masalah yang sering terjadi di jalan raya adalah kecelakaan lalu lintas. Selama tahun 2016, tercatat 357 kejadian kecelakaan lalu lintas dengan korban meninggal dunia sebanyak 195 jiwa yang terjadi di Kabupaten Bogor. Salah satu faktor penyumbang tingginya angka kecelakaan lalu lintas adalah adanya lokasi rawan kecelakaan lalu lintas (black spot). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik kecelakaan lalu lintas dan menentukan lokasi black spot dengan metode UCL (Upper Control Limit) serta menyusun rekomendasi sebagai upaya penanganan lokasi black spot berdasarkan hasil audit defisiensi infrastruktur keselamatan jalan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa karakteristik kecelakaan lalu lintas dari tahun 2014-2016 berdasarkan bulan terjadinya, paling sering terjadi di bulan Mei pada pukul 00.00-06.00 WIB. Tingkat fatalitas korban kecelakaan didominasi oleh korban luka berat. Jenis tabrakan yang sering terjadi adalah tabrakan depan-depan dengan kendaraan yang paling banyak terlibat kecelakaan adalah sepeda motor. Lokasi black spot yang diperoleh dengan menggunakan metode UCL yaitu Jl. Sentul-Kandang Roda, Jl. Tegar Beriman, dan Jl. Kemang-Kedungwaringin. Dari hasil audit defisiensi keselamatan jalan, rekomendasi yang dapat diberikan adalah: (1) Jl. Sentul-Kandang Roda dan Jl. Tegar Beriman dengan memasang rambu batas kecepatan maksimum sebesar 40 km/jam. (2) Jl. Kemang-Kedungwaringin dengan memperbaiki keseluruhan kerusakan perkerasan jalan serta memasang rambu batas kecepatan maksimum sebesar 30 km/jam.
Abstrak (Inggris)One of the most frequent problems on the highway is traffic accident. In 2016, there were 357 traffic accidents with 195 people died in Bogor Regency. One of the contributing factors for high number of traffic accidents is the presence of black spot locations. The purposes of this research are analyzing the characteristics of traffic accidents and determining black spot locations with UCL (Upper Control Limit) method along with compiling recommendations as an effort to handle black spot locations based on the result of the road safety infrastructure deficiency audit. Based on the analysis result, the characteristic of traffic accidents during 2014-2016 based on the month of occurrence, it is most often happened in May at 00.00 – 06.00 WIB. The fatality rate of accident victims is dominated by severe injuries. The most common type of collision is front-to-front collision with the most involved vehicle is motorcycle. The black spot locations which are obtained by using UCL method are Jl. Sentul-Kandang Roda, Jl. Tegar Beriman, and Jl. Kemang-Kedungwaringin. From the results of the road safety deficiency audit, recommendations that can be given are: (1) Jl. Sentul-Kandang Roda and Jl. Tegar Beriman by installing maximum speed limit signals of 40 km/hour. (2) Jl. Kemang-Kedungwaringin by improving the overall damage of road pavement and installing maximum speed limit signals of 30 km/hour.
Kata Kuncikecelakaan lalu lintas, black spot, metode UCL, audit defisiensi infrastruktur keselamatan jalan.
Nama Pembimbing 1Dr. Gito Sugiyanto, S.T., M.T
Nama Pembimbing 2Eva Wahyu Indriyati, S.T., M.T
Tahun2018
Jumlah Halaman13
Page generated in 0.0708 seconds.