View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)G1H013050
Nama MahasiswaANGGI TUNJUNG RARAS
Judul ArtikelEFEKTIFITAS PENDIDIKAN GIZI DENGAN FLASH CARD TERKAIT GIZI SEIMBANG DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP ANAK TUNARUNGU DI SLB B WONOSOBO
AbstrakLatar Belakang: Anak tunarungu adalah mereka yang pendengarannya tidak berfungsi sehingga membutuhkan pelayanan pendidikan khusus. Status gizi anak tunarungu dan tunagrahita menurut penelitian Putra dan Adhi (2014) yang dilakukan di Bandung bahwa 16,1% yang tergolong kurus, dan sebanyak 24,2% tergolong gemuk. Sehingga perlu dilakukannya Pendidikan Gizi untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap anak tunarungu yang nantinya akan menuju pada perbaikan status gizi yang lebih baik. Metodologi: Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimental dengan menggunakan rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas dasar 1- 6 di SLB Dena Upakara dengan jumlah 60 anak dan Don Bosco 56 anak. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas dasar 4 - 6 di SLB Dena Upakara sebagai kelompok perlakuan dengan jumlah 31 anak yang semuanya berjenis kelamin perempuan dan SLB Don Bosco sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 22 anak yang semuanya berjenis kelamin laki-laki. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon untuk data berpasangan dan uji mann whitney untuk data tidak berpasangan. Hasil Penelitian: Berdasarkan uji wilcoxon anak tunarungu kelompok perlakuan terdapat perbedaan pengetahuan setelah perlakuan (p-value 0,000) dan tidak terdapat perbedaan sikap setelah perlakuan (p-value 0,586), pada kelompok kontrol terdapat perbedaan pengetahuan (p-value 0,038) dan sikap setelah tanpa perlakuan (p-value 0,012). Untuk uji mann whitney perbedaan kedua kelompok didapat hasil sebelum perlakuan tidak ada perbedaan pengetahuan (p -value 0,409), setelah perlakuan terdapat perbedaan pengetahuan (p-value 0,000), sebelum perlakuan terdapat perbedaan sikap (p-value 0,026), dan setelah perlakuan terdapat perbedaan sikap (p value 0,000). Kesimpulan: Pendidikan gizi menggunakan flash card efektif untuk menaikan pengetahuan anak tunarungu
Abstrak (Inggris)Background: Children with hearing impairment are those whose having impaired hearing and thus require special education services. Nutritional status of children with hearing impairment and mentally disabled according to the research of Putra and Adhi (2014) in Bandung that 16.1% were classified as lean, and 24.2% were fat. So, it is necessary to do Nutrition Education to improve the knowledge and attitude of deaf children which will lead to improved nutritional status. Method: This research was used Quasi Experimental method with non-equivalent control group design. The population of this study were all grades 1-6 at SLB Dena Upakara with 60 children and Don Bosco 56 children. The sample in this research is 4-6 grade students at SLB Dena Upakara as treatment group with 31 children who are all female and SLB Don Bosco as control group with 22 children all of them are male. The data were analysed by using Wilcoxon test for paired sample and Mann Whitney test for unpaired sample. Result: Based on Wilcoxon test on treatment group there were difference of knowledge level after treatment (p-value 0,000) and there were no difference of attitude level after treatment (p-value 0,586), on control group there were difference of knowledge level (p-value 0,038) and there were difference of attitude level after treatment (p-value 0,012). For Mann Whitney test between the treatment group and the control group before treatment there were no difference of knowledge level (p-value 0,409), and after treatment there were difference of knowledge level (p-value 0,000), before treatment there were difference of attitude level(p-value 0,026) and after treatment there were difference of attitude level (p-value 0,000). Conclution: Nutritional education using flash card has effect on knowledge deaf children.
Kata KunciPendidikan gizi, anak tunarungu, makanan seimbang, flash card.
Nama Pembimbing 1Elviera Gamelia, SKM, M.Kes
Nama Pembimbing 2Dra. Sotyania Wardhianna, M.Kes
Tahun2018
Jumlah Halaman8
Page generated in 0.0507 seconds.