View Artikel Ilmiah

Kembali
NimF1C013058
NamamhsAPRILLA ALVIE HERWANDA
Judul ArtikelPERAN DAN STRATEGI COMMUNITY DEVELOPMENT OFFICER PT. GUNUNG SEJAHTERA PUTRI PESONA (GSPP) DALAM MENERAPKAN CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY KESEHATAN“REVITALISASI POSYANDU ” PADA EKSTERNAL PERUSAHAAN
AbstrakSetiap tugas seorang pekerja pasti memiliki peran dan tanggung jawab dalam menyelesaikan suatu tujuan perusahaan. Sama halnya dengan seorang Humas, selain memiliki tujuan untuk mensukseskan perusahaan dalam bidang profit dan keterbukaan informasi kepada khalayak eksternal. Seorang humas juga harus mampu menjalankan program Corporate Social Responbility secara benar dan tepat guna untuk eksternal perusahaan, khususnya lingkungan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, peran dan strategi seorang humas atau Public Relations dalam menjalankan CSR, apabila berjalan dengan baik nantinya akan terlihat juga partisipasi dari masyarakatnya itu sendiri. Peneliti menggunakan metode kualitatif. Pemilihan informan menggunakan metode purposive sampling yang terdiri dari 7 orang informan, yaitu 2 orang peserta posyandu dan 3 orang kader posyandu, dan 2 orang pihak PT. GSPP yaitu humas atau Community Development Officer dan bidan internal PT. GSPP. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa seorang humas merencanakan pelaksanaan program revitalisasi posyandu, sudah ada dalam SOP PT. GSPP. Selain itu, humas juga memiliki peran sebagai pembimbing para kader dalam pelaksanaan kegiatan posyandu desa binaan dan juga pemberi bantuan berupa PMT atau pemberian makanan tambahan untuk balita yang BGM (atau dibawah garis merah). Partisipasi masyrakat sudah cukup aktif antara humas PT. GSPP dan juga kader dimana mereka saling berkomunikasi yang mengakibatkan pelaksanaan posyandu menjadi terus aktif dari tahun 2013 hingga sekarang.
Abstrak (Inggris)Each worker's job must have a role and responsibility in completing a company's goals. Similarly, a Public Relations, in addition to having a goal to succeed the company in the sector of profit and information disclosure to external audiences. Public Relations should be able to perform the Corporate Social Responbility program properly and appropriately for external companies, especially the corporate environment. The purpose of this study is to determine, the role and strategy of a public relations to operate Corporate Social Responbility, if it goes well will be seen also the participation of the community itself. Researcher use qualitative methods in this study. The selection of informants used purposive sampling method consisting of 7 informants, 2 posyandu participants and 3 posyandu cadres, and 2 PT. GSPP is a public relations officer or Community Development Officer and an internal midwife of PT. GSPP. The results of this study indicate that a publicist planning the implementation of posyandu revitalization program, already exist in Standard Operational Procedural PT. GSPP. In addition, public relations also has a role as guidance of the cadres in the implementation of posyandu village activities as well as providers of assistance in the form of PMT or supplementary feeding for infants who BGM (or under the red line).Community participation has been active enough between public relations PT. GSPP as well as cadres where they communicate with each other that resulted in the implementation of posyandu become active from 2013 until now.
Kata KunciPeran dan Strategi Community Development Officer, Corporate Social Responbility.
Nama Pembimbing 1Dra. Dwi Pangastuti Marhaeni, M.Si.
Nama Pembimbing 2Dr. Nana Sutikna, M. Hum.
Tahun2017
Jml halaman2
Page generated in 0.0793 seconds.