View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)H1D012059
Nama MahasiswaGUMILANG GATOT FIQIRRIYANTO
Judul ArtikelKETAHANAN API BATAKO RINGAN BAN BEKAS (The Fire Resistance of Lightweight Concrete Block Made of Waste of Used Tire)
AbstrakPada saat ini batako ringan banyak digunakan secara luas untuk pembangunan dinding pada bangunan. Batako ringan sendiri memiliki banyak keuntungan seperti dapat meredam suara dengan lebih baik, keseragaman ukuran dan bentuk, beratnya yang ringan, serta dapat mengurangi resiko kebakaran. Pada penelitian ini batako ringan yang diteliti adalah batako ringan yang terbuat dari semen, air, pasir, dan karet yang berasal dari limbah ban bekas. Sebagai salah satu material untuk membuat sebuah bangunan, batako ringan ini juga memiliki karakteristik tersendiri dalam mengurangi resiko kebakaran. Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah untuk mengetahui bagaimana perbandingan antara batako ringan dengan kandungan karet yang berbeda dalam hal ketahanan api (insulasi), laju kenaikan suhu, dan juga kerusakan yang terlihat akibat pembakaran. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan masyarakat ataupun pemerintah sebagai bahan pertimbangan dalam penggunaan batako ringan dengan kandungan karet didalamnya.
Abstrak (Inggris)At this moment, lightweight concrete block is widely used for construct wall in building. It has many benefit such as gives better sound insulation, uniform in size & shape, lightweight, and also can reduce risk from fire. In this paper the lightweight concrete block is made of cement, water, sand and rubber from the waste of used tires in different percentage. As one of the material for construct the building, this lightweight concrete block also have its own characteristic in reducing the risk from fire. The purpose of this research is to find out about the comparison between the concrete block with different percentage of rubber in their fire resistance (thermal insulation), the spread of temperature, and the damage received because of the fire. So the society or the government can use this research as a consideration when using lightweight concrete block that made of waste of used tire.
Kata KunciKata kunci: Batako ringan; Ketahanan api; Karet ban bekas.
Nama Pembimbing 1Agus Maryoto
Nama Pembimbing 2Nasta'in
Tahun2018
Jumlah Halaman6
Page generated in 0.0694 seconds.