View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)G1F014010
Nama MahasiswaHAMIDAH RAISA UTAMI
Judul ArtikelALAT UKUR pH UNTUK ASAM BASA DALAM BENTUK TES STRIP MENGGUNAKAN EKSTRAK BUNGA ROSELA (Hibiscus sabdarifa L.) DAN KUBIS UNGU (Brassica oleracea L.) YANG DIIMOBILISASI DALAM CELLULOSA PAPER
AbstrakPengukuran nilai pH sebagai indikator asam-basa produk obat, kosmetik dan makanan memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Alat ukur pH yang ada saat ini harganya masih relatif mahal dan menggunakan indikator yang kurang ramah lingkungan. Tujuan dari penelitian adalah mengembangkan suatu alat ukur pH berupa tes strip dari ekstrak bunga rosella dan kubis ungu yang sederhana, murah, akurat dan menguji alat ukur yang dikembangkan. Penelitian dilakukan dengan membuat ekstrak bunga rosela dan kubis ungu kemudian diuji pada larutan pH 0 hingga 14. Optimasi dan imobilisasi ekstrak dilakukan dalam kertas selulosa kemudian dibuat dalam bentuk test strip. Uji performa alat ukur yang dilakukan meliputi uji waktu respon, spesifitas, reprodusibilitas dan uji stabilitas. Hasil yang diperoleh dari uji ektrak bunga rosela dan kubis ungu berpotensi dikembangkan sebagai indikator alami. Waktu uji respon tes strip kurang dari 15 detik dengan spesifisitas, reprodusibilitas, dan stabilitas yang baik.
Abstrak (Inggris)The measurement of pH value as an indicator of acidic-bases of medicinal, cosmetic and food products has an important role in daily life. Now the instruments of pH measuring are still relatively expensive and use indicators that are less environmentally friendly. The objective of the research is to develop a pH measuring instrument form strip test from rosella flower and purple cabbage extract which is simple, cheap, accurate and testing developed measuring instrument. The research was done by extracting rosella flower and purple cabbage then tested on pH 0 to 14 solution. The optimization and immobilization of the extracts are carried out in cellulose paper then made in the form of a test strip. Performance test of the measuring instrument includes response time test, specificity, reproducibility and stability. The results that obtained from the extract test of rosella flower and purple cabbage have the potential to be developed as a natural indicator. The test response time is less than 15 seconds with good specificity, reproducibility and stability.
Kata KunciAlami, Asam, Basa, Indikator, pH
Nama Pembimbing 1Hendri Wasito, M.Sc., Apt
Nama Pembimbing 2Dr. Sri Sutji Susilowati, M.Si, Apt
Tahun2018
Jumlah Halaman11
Page generated in 0.0483 seconds.