View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1B113058
Nama MahasiswaJOKO HENDRO SEISMIKO
Judul Artikel KORELASI PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DENGAN TINGKAT KEMISKINAN (STUDI DI DESA-DESA SE-KECAMATAN BATURADEN KABUPATEN BANYUMAS)
AbstrakAdanya tingkat kemiskinan di desa-desa Kecamatan Baturaden tersebut merupakan suatu permasalahan pemerintah untuk menanggulangi atau mengurangi angka kemiskinan di daerah Kecamatan Baturaden. Hal tersebut tampak pada suatu program dari pemerintah yaitu pada Program Dana Desa yang melalui program pemberdayaan masyarakat desa. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan data sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan oleh penelitian ini adalah statistika deskriptif melalu mean, tabulasi silang, dan korelasi product moment. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara tidak terstruktur.Hasil analisis secara kuantitatif deskriptif dalam penelitian ini menunjukkan: Nilai korelasi program pemberdayaan masyarakat yang dibiayai dana desa (X) dengan tingkat kemiskinan (Y) adalah sebesar -0,186. Berdasarkan koefisien product moment tersebut ada korelasi yang sangat rendah antara program pemberdayaan masyarakat yang dibiayai dana desa (X) dengan tingkat kemiskinan (Y) yang ke arah negatif. Artinya semakin baik program pemberdayaan masyarakat yang dibiayai dana desa (X) maka akan menurunkan tingkat kemiskinan (Y) dan sebaliknya. Nilai sig. (2-tailed) yang sebesar 0,563 yang berarti Nilai p value (Sig.) pada output SPSS menunjukan bahwa nilai sebesar 0,563 > 0,05. Oleh karenanya keseluruhan hipotesis penelitiaan ini diterima.
Abstrak (Inggris) The existence of poverty level in the villages of Baturaden Sub-district is a government problem to overcome or reduce the poverty rate in Baturaden sub-district. This is apparent in a program from the government in the Village Fund Program through the village community empowerment program. This research uses quantitative with secondary data. Methods of data collection is with documentation, observation, and unstructured interviews. The Data analysis technique is descriptive statistic through mean, cross tabulation, and product moment correlation. The result of quantitative descriptive analysis in this research shows: Correlation value of community empowerment program funded by village fund (X) with poverty level (Y) is -0.186. Based on the coefficient of product moment there is a very low correlation between community empowerment program funded by village funds (X) with the level of poverty (Y) is negative. This means that the better community empowerment program funded by village funds (X) will reduce poverty (Y) and vice versa. The sig value. (2-tailed) value of 0.563 which means the value of p value (Sig.) In the SPSS output shows that the value of 0.563> 0.05 Therefore the whole hypothesis of this research is accepted.
Kata KunciKata Kunci : Program, Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kemiskinan.
Nama Pembimbing 1Dr. Alizar Isna, M.SI
Nama Pembimbing 2Dr. Ali Rokhman, M. Si
Tahun2018
Jumlah Halaman12
Page generated in 0.0568 seconds.