View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1J013010
Nama MahasiswaDANIAL LUKMANA
Judul ArtikelANALISIS STRUKTUR PSIKOLOGIS TOKOH MORITAKA MASHIRO DAN AKITO TAKAGI DALAM FILM BAKUMAN KARYA TSUGUMI OHBA DAN TAKESHI OBATA
AbstrakPenelitian ini berjudul “Analisis Struktur Psikologis Tokoh Moritaka Mashiro dan Akito Takagi dalam Film Bakuman Karya Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Struktur Psikologis tokoh Moritaka Mashiro dan Akito Takagi dalam film Bakuman karya Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Teknik pengumpulan data dengan menyimak, mencatat dan mengklasifikasi data yang digunakan. Teknik analisis data dengan cara mendeskripsikan unsur intrinsik dan mendeskripsikan struktur psikologis berupa Id, Ego dan Superego dalam film Bakuman karya Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata. Berdasarkan hasil analisis terhadap tokoh Moritaka Mashiro dan Akito Takagi dalam film Bakuman, Mashiro digambarkan memiliki sifat yang optimis, tenang dalam mengambil keputusan, dan tidak mudah puas dengan hasil yang telah didapat, sedangkan Takagi memiliki sifat yang optimis dan rendah hati. Pada hasil analisis juga ditemukan struktur psikologis tokoh Mashiro dan Takagi yang lebih cenderung mengedepankan Id dari pada Superego, yang mengindikasikan bahwa alam bawah sadar Mashiro dan Takagi lebih cenderung mempengaruhi Egonya pada saat mengambil keputusan, dalam usaha mereka untuk mencapai tujuannya menjadi mangaka.
Abstrak (Inggris)This research entitled “Analysis of Psychological Structure of Moritaka Mashiro and Akito Takagi in Bakuman Film by Tsugumi Ohba and Takeshi Obata”. The aim of this research was to describe Psychological Structure of Moritaka Mashiro and Akito Takagi in Bakuman Film by Tsugumi Ohba and Takeshi Obata. This research used qualitative descriptive method by literature psychology approach. The techniques of data collection were heeding, finding, and classifying the data. The techniques of data analysis were to describe the intrinsic elements and psychological structure, such as Id, Ego and Superego in Bakuman Film by Tsugumi Ohba and Takeshi Obata. Based on the analysis of Moritaka Mashiro and Akito Takagi in Bakuman Film, Mashiro was optimistic and calm to make decision, and not easy to be satisfied with the result, while Takagi was optimistic and humble. On this analysis, the researcher also found the psychological structure on Mashiro and Takagi which more emphasis on Id than Superego, which indicated that unconscious of Mashiro and Takagi more affect their Ego when they were making decision in their effort to be mangaka.
Kata KunciFilm Bakuman, Struktur Psikologis, Id, Ego dan Superego.
Nama Pembimbing 1Idah Hamidah,M. Hum
Nama Pembimbing 2Anggita Stovia, M. Pd
Tahun2018
Jumlah Halaman130
Page generated in 0.0459 seconds.