View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)G1D014041
Nama MahasiswaAULIA NUR NAFISAH
Judul ArtikelHUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA UNSOED ANGKATAN 2015 JURUSAN KEPERAWATAN DI PURWOKERTO
AbstrakAbstrak Latar belakang: Kebiasaan belajar merupakan indikator yang dapat menentukan keberhasilan seseorang dalam belajar. Kebiasaan belajar dapat dikelompokan menjadi 2 (dua) model kebiasaan belajar, yaitu Delay Avoidance (DA) dan Work Method (WM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan belajar dengan prestasi akademik mahasiswa. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelatif menggunakan metode cross sectional dan menggunakan total sampling 87 responden mahasiswa. Responden merupakan mahasiswa Jurusan Keperawatan angkatan 2015 yang sedang menempuh pendidikan sarjana SI Keperawatan dan memiliki IPK. Uji statistik yang digunakan adalah Uji Chi-Square dengan alternatif yaitu Uji Fisher. Hasil: Responden terbanyak berjenis kelamin perempuan dan keseluruhan responden berusia antara 19-22 tahun. Secara statistik mahasiswa Jurusan Keperawatan Unsoed mempunyai nilai rerata IPK sedang atau sangat memuaskan sebesar 87,4%. Hasil uji Fisher diperoleh nilai p=0,137. Tidak ada hubungan yang bermakna antara model kebiasaan belajar dengan prestasi akademik mahasiswa UNSOED angkatan 2015 Jurusan Keperawatan Di Purwokerto. Kesimpulan: Model kebiasaan belajar apapun dapat meningkatkan prestasi akademik mahasiswa. Kata kunci: Kebiasaan belajar, Mahasiswa Keperawatan, Prestasi akademik
Abstrak (Inggris) Abstrack Background: Learning habits are indicators that can determine a person's success in learning. Learning habits can be grouped into 2 (two) models of learning habits, namely Delay Avoidance (DA) and Work Method (WM). This study aims to determine the relationship of learning habits with student academic achievement. Methods: This research was a quantitative research with correlative descriptive approach used cross sectional method and used total sampling of 87 respondents. Respondent students of the Department of Nursing class of 2015 who was studying undergraduate of Nursing and had a GPA. The statistical test used is Chi-Square Test with the alternative that is Fisher Test. Results: Most respondents were female and all respondents were between 19-22 years old. Statistically the students of Nursing Department of Unsoed had average value of medium or very satisfactory GPA 87,4%. Fisher test results obtained p value = 0.137. There is no significant correlation between model study habits and academic achievement on students of Department of Nursing class of 2015 in Unsoed Purwokerto. Conclusion: Models of learning habits can improve student academic achievement. Keywords: Academic Achievement, Student Of Nursing, Study Habits
Kata KunciKata kunci: Kebiasaan belajar, Mahasiswa Keperawatan, Prestasi akademik
Nama Pembimbing 1Dr. Saryono, S.Kp., M.Kes
Nama Pembimbing 2Made Sumarwati, MN
Tahun2018
Jumlah Halaman7
Page generated in 0.0526 seconds.