View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)G1A014002
Nama MahasiswaANISA DINDA NURLIANA
Judul ArtikelHUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN GURU DENGAN TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA SDIT TOPKIDS SOKARAJA
AbstrakKonsentrasi belajar merupakan usaha pemusatan pikiran atau perhatian terhadap suatu objek yang sedang dipelajari dengan tidak membagi perhatiannya kepada hal lain dan dilakukan secara sadar oleh individu. Konsentrasi belajar menentukan keberhasilan akademik siswa. Salah satu komponen dalam pembelajaran di sekolah adalah guru. Setiap guru merupakan individu yang berbeda dan akan menentukan gaya kepemimpinannya. Gaya kepemimpinan seorang guru akan memberikan pengaruh yang berbeda untuk setiap siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya kepemimpinan dan tingkat konsentrasi siswa SDIT TopKids Sokaraja. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan studi cross sectional. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel ialah total sampling sehingga diperoleh 39 sampel. Gaya kepemimpinan guru diukur dengan menggunakan kuesioner dan tingkat konsentrasi diukur dengan menggunakan Tes Army Alpha. Analisis data menggunakan analisis Spearman. Hasil penelitian menunjukkan gaya kepemimpinan guru berada pada kategori cukup (41,0%) dan tingkat konsentrasi berada pada kategori rata-rata (59,0%) dan p = 0,611 (p>0,05) sehingga dapat disimpulkan tidak ada hubungan gaya kepemimpinan guru dengan tingkat konsentrasi belajar siswa pada SDIT TopKids Sokaraja.
Abstrak (Inggris)Learning concentration is an attempt to concentrate the mind or attention for an object that is being studied by not dividing attention to other things and done conciously by the individual. Learning consentration determined the achievement of students. One of the components in classroom is a teacher. Every teacher is a different individual so it will determine their leadership style and their leadership style will give different effects for their students.To know the correlation between teacher leadership style and level of learning concentration student of SDIT TopKids Sokaraja.The sampling technique used was total sampling so that 39 samples were received. The teacher leadership style was measured by a questionnaire and the level of learning concentration was measured by Army Alpha Test. The data was analyzed with Spearman.The result of this study showed that teacher leadership style was in sufficient category (41.0%) and the level of learning concentration was in average category (59.0%) with p 0.611 (p>0.005) so the conclusion there is no correlation between teacher leadership style and level of learning concentration student of SDIT TopKids Sokaraja.
Kata Kuncigaya kepemimpinan guru, tingkat konsentrasi belajar, tes Army Alpha
Nama Pembimbing 1RR Dyah Woro Dwi Lestari, S.Psi, MA
Nama Pembimbing 2dr. Nur Signa Aini Gumilas, MBiotech
Tahun2018
Jumlah Halaman12
Page generated in 0.0623 seconds.