View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1K010018
Nama MahasiswaSUKMAWAN DWI CAHYANI
Judul ArtikelThe effect of Brand Image,Consumer Engagement and Word of Mouth on purchase decision (survey on customer bukalapak. Com in Purwokerto)
AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh langsung dari citra merek, keterlibatan konsumen maupun komunikasi dari mulut ke mulut (word of mouth) terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan jumlah Pelanggan BUKALAPAK.com di Purwokerto. Ukuran sampel dalam penelitian sebanyak 100 responden yang ditentukan berdasarkan rumus interval taksiran dengan teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Selanjutnya, teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa citra merek, keterlibatan konsumen maupun komunikasi dari mulut ke mulut (word of mouth) mempunyai pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian. Mengacu pada kesimpulan tersebut, maka dapat dimplikasikan bahwa sebagai upaya untuk meningkatkan keputusan pembelian para pelanggannya, manajemen BUKALAPAK.com perlu memperhatikan kebijakan mengenai citra merek, keterlibatan konsumen dan komunikasi dari mulut ke mulut (word of mouth). Cara yang dapat dilakukan diantaranya adalah dengan memperkuat citra positif BUKALAPAK.com dengan didukung oleh layanan terbaik kepada semua pelanggan dalam menggunakan BUKALAPAK.com, meningkatkan kualitas web dan reputasi yang baik dari BUKALAPAK.com, selalu menyediakan desain web yang elegan dengan teknologi dan fitur-fitur yang canggih, mempertahankan dan terus memperkuat BUKALAPAK.com sebagai e-commerce yang terkenal dan e-commerce lokal yang patut untuk dibanggakan. Manajemen BUKALAPAK.com juga perlu meningkatkan konten web yang menarik agar konsumen dapat berinteraksi secara proaktif dengan pengguna lain, mempermudah penggunaan media online untuk berinteraksi secara proaktif di antara para penggunanya, dan selalu meningkatkan partisipasi pelanggan dalam memasarkan atau menjual produk yang ditawarkan di situs BUKALAPAK.com melalui berbagai media sosial. Selanjutnya, manajemen BUKALAPAK.com juga perlu meningkatkan motivasi pelanggan untuk menceritakan tentang rasa suka mereka terhadap BUKALAPAK.com kepada orang lain, memotivasi fokus percakapan pelanggan dengan orang lain tentang keunggulan BUKALAPAK.com dibandingkan e-commerce lain, memotivasi pelanggan untuk berbagi pengalaman mereka dalam membeli produk secara online melalui BUKALAPAK.com, mendorong upaya pelanggan untuk mengundang orang lain untuk menceritakan hal-hal positif tentang BUKALAPAK.com, dan mendorong upaya pelanggan untuk mempengaruhi orang lain untuk menggunakan BUKALAPAK.com.
Abstrak (Inggris)The aim of research was to analyze the direct effect of brand image, consumer engagement as well as word of mouth on purchase decision. Type of this research was descriptive with a survey method. Population within study was all customers of BUKALAPAK.com in Purwokerto. Sample size within study was 100 respondents which determined by interval estimate technique with sampling technique used convenience sampling. Furthermore, technique data analysis of this study used multiple regression analysis. Based on the result of data analysis, it could be concluded that brand image, consumer engagement as well as word of mouth has a positive effect on purchase decision. Refers to these conclusions, it could be implied that in order to increase the customers purchase decision, management of BUKALAPAK.com needs to pay attention on the policies about brand image, consumer engagement and word of mouth communication. The ways could be done by strengthen the positive image of BUKALAPAK.com with supported by the excellent services to all customers in using BUKALAPAK.com, increase the web quality and good reputation of BUKALAPAK.com, always provide an elegant design, with sophisticated tech features, maintain and strengthen BUKALAPAK.com as the famous e-commerce and the restigious of local e-commerce. Management of BUKALAPAK.com is also needs to increase the attractive its web content in order to prompted the customers to proactively interact with the other users, make an easy to use of its online medium to interact proactively among its users, and always increase the customers participate in marketing or selling the products sold on the BUKALAPAK.com website through the various social media. Furthermore, management of BUKALAPAK.com is also needs to increase the motivation of customers to tell about their like with BUKALAPAK.com to the other people around them, customers focus conversation with others about BUKALAPAK.com than the other e-commerce, customers share their experience in online purchasing products through BUKALAPAK.com, customers efforts to invite others to tell the positive things about BUKALAPAK.com, and customers efforts to influence the others to use e-commerce of BUKALAPAK.com.
Kata KunciBrand image, consumer engagement and word of mouth on purchase decision
Nama Pembimbing 1Prof Dr Suliyanto,SE.MM
Nama Pembimbing 2Weni Novandari,SE.MM
Tahun2018
Jumlah Halaman90
Page generated in 0.057 seconds.