View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1M014036
Nama MahasiswaSARAH MEGAWATI
Judul ArtikelPengaruh Penggunaan Media Videoscribe dan Media Grafis Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Dilihat dari Minat Belajar
AbstrakPenelitian yang berjudul “Pengaruh Penggunaan Media Videoscribe dan Media Grafis Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Dilihat dari Minat Belajar” bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media videoscribe dan media grafis terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 2 Purwokerto melalui minat belajar sebagai variabel mediator. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 2 Purwokerto yang menggunakan media videoscribe dibandingkan dengan menggunakan media grafis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 73 siswa yang terbagi dalam kedua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan Post Test. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier variabel mediator, analisis regresi berganda, sobel test, dan t-test. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil sebagai berikut : (1) Terdapat pengaruh positif penggunaan media pembelajaran terhadap minat belajar siswa; (2) Terdapat pengaruh positif minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa; (3) Terdapat pengaruh positif penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa; (4) Minat belajar siswa memediasi pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa; (5) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan media videoscribe dan siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan media grafis.
Abstrak (Inggris)The research with a title “The Influence about using Videoscribe Media and Graphic Media in Economic Subjects learning towards talent and interest in Learning Outcomes” have a purpose to analyzing the influence about using videoscribe media and graphic media in learning outcomes for senior highschool 2 Purwokerto, grade XI IPS through learning interest as mediator variables. Furthermore, This Research have a purpose to knowing the comparison in learning outcomes on Economic Subjects using Videoscribe media compare with graphic media in Senior Highschool 2 Purwokerto, grade XI IPS. The method used in this research are comparative research with experiment approach. There are 73 sample from students which divides into two clasess, that is : Control class and Experiment class. The data collection using questionnaire and Post Test. the method of analysis used in this research are linear regression analysis of the mediator variable, multuple regression analysis, sobel test and t-test. Based on analysis results, we obtain the results such as : (1) There are positive influence from instructional media with student’s learning Interest; (2) There are positive influence from student’s learning interest towards student’s learning outcomes; (3) There are positive influence from using instructional media towards student’s learning outcomes; (4) Student’s learning interest mediated the influence from using instructional media towards student’s learning outcomes; (5) There are difference in learning outcomes from students are significant between students when educated using videoscribe media and students when .educated using graphic media.
Kata KunciMedia Pembelajaran, Media Videoscribe, Media Grafis, Minat Belajar, dan Hasil Belajar.
Nama Pembimbing 1Dr. Haryadi, M.Sc
Nama Pembimbing 2Lina Rifda Naufalin, S.Pd.,M.Pd
Tahun2018
Jumlah Halaman2
Page generated in 0.0604 seconds.