View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1M014006
Nama MahasiswaRISTIYANI
Judul ArtikelPENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL(IPS) KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 6 PURWOKERTO (SMP N 6 PURWOKERTO)
AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian Eksperimen Murni (True Experiment) dengan desain penelitian Control Group Posttest Only Design. Penelitian ini mengambil judul “Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Purwokerto (SMP N 6 Purwokerto)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar IPS. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP N 6 Purwokerto. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 siswa dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar IPS kelas VIII di SMP N 6 Purwokerto. Hasil belajar IPS lebih tinggi menggunakan metode mind mapping dari pada menggunakan metode ceramah. Hasil analisis data dengan menggunakan Microsoft Excel dan software SPSS 16 for windows menunjukkan rata-rata nilai yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 80,2 sementara kelas kontrol sebesar 72,4. Metode pembelajaran mind mapping berpengaruh efektif terhadap hasil belajar siswa. Pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar ditandai dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 3,958 > 1,980 dan rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 80,2 > 72,4. Implikasi dari penelitian ini yaitu dalam upaya meningkatkan hasil belajar IPS, pihak guru diharapkan mengaplikasikan penggunaan metode mind mapping dalam pembelajaran IPS untuk dapat meningkatkan hasil belajar dan diharapkan dapat menyediakan alat dan bahan yang cukup untuk pembuatan mind map.
Abstrak (Inggris)This is a True Experiment study by using Posttest Only Control Group Design with the title "The Influence of Mind Mapping Method Implementation on the learning outcomes of Social Science Class in State Junior High School 6 Purwokerto Grade VIII". This study aims to determine the effect of applying the mind mapping method to the learning outcomes of Social Science Class. Population used in this research is grade VIII in SMP N 6 Purwokerto. The sample taken in this research is class VIII D as experimental class with 35 students and class VIII E as control class with 34 students. Besides, the sampling technique used is Cluster Random Sampling. This research shows that there is influence of the application of mind mapping method in the learning outcomes of Social Science Class in grade VII in State Junior High School 6 Purwokerto. The student's achiement using the mind mapping method is higher than using the lecturing method. The results of data analysis using Microsoft Excel and SPSS 16 for windows software shows the average value obtained by the experimental class is 80,2 while the control class is 72,4. Mind mapping learning is proved effective to improve student learning achievement. The influence of mind mapping learning method to learning result is marked by t count > t table that is 3,958 > 1,980 and mean of experiment class value is higher than control class that is 80,2 > 72,4. The implication of this research is to improve the learning result of social science class, the teacher is expected to apply the mind mapping method in IPS learning to improve the learning outcomes and hopefully can provide enough tools and materials for making mind map.
Kata KunciMind Mapping, Hasil Belajar IPS
Nama Pembimbing 1Drs. Bambang Sunarko MM
Nama Pembimbing 2Lina Rifda Naufalin S.Pd, M.Pd
Tahun2018
Jumlah Halaman123
Page generated in 0.0768 seconds.