View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1M014031
Nama MahasiswaRIZKA PUPUT ANGGRAINI
Judul ArtikelPENGARUH MEDIA VISUAL, KESIAPAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 PURWOKERTO
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) media visual terhadap minat belajar pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Purwokerto; 2) kesiapan belajar terhadap minat belajar pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Purwokerto; 3) motivasi belajar terhadap minat belajar pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Penelitian ini mengambil judul “Pengaruh Media Visual, Kesiapan dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Belajar Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Purwokerto”. Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini adalah 106 responden. Pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan Teknik Proportional Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan kuesioner. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis data terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linieritas. Kemudian di analisis menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menurut jawaban responden tentang media visual sebesar 43,02% menjawab setuju, hal tersebut menunjukkan bahwa pengaruh media visual bagi responden tinggi. Mengenai kesiapan belajar responden paling banyak memilih jawaban kurang setuju yaitu sebesar 34,20% yang berarti kesiapan belajar responden berada pada kategori cukup tinggi. Mengenai motivasi belajar responden paling banyak memilih jawaban setuju dengan presentase 37,81% yang berarti motivasi belajar responden berada pada kategori tinggi. Mengenai minat belajar responden paling banyak memilih jawaban setuju dengan presentase 36,36% yang berarti bahwa minat belajar responden berada pada kategori tinggi. Melalui uji asumsi klasik diketahui bahwa data berdistribusi normal, data bersifat homogen, dan antar variabel memiliki hubungan linier. Diperoleh persamaan regresi untuk penelitian ini Y = -0,443 + 0,285X_1+ 0,599X_2+ 0,224X_3, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel bebas (media visual, kesiapan belajar, dan motivasi belajar) terhadap variabel terikat (minat belajar). Namun apabila ketiga variabel bebas tersebut tidak mengalami perubahan atau konstan maka akan terjadi penurunan pada minat belajar siswa. Menurut hasil uji F diperoleh nilai F_hitung 67,703 sedangkan F_tabel sebesar 2,694, dengan demikian F_hitung > F_tabel maka model dalam penelitian ini dinyatakan cocok atau fit. Sedangkan hasil pengujian secara parsial diperoleh t_hitung dengan tingkat signifikansi 5% untuk masing-masing variabel diantaranya untuk media visual 4,366,untuk kesiapan belajar 7,235, dan untuk motivasi belajar 2,838 . Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial diantara masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat.
Abstrak (Inggris)This research is aimed to know the influence of: 1) visual media toward the interest of learning economic lessons of students of class X in SMA Negeri 1 Purwokerto; 2) learning readiness toward the interest of learning economic lessons of students of class X in SMA Negeri 1 Purwokerto; 3) learning motivation toward the interest of learning economic lessons of students of class X in SMA Negeri 1 Purwokerto. This research is a quantitative research using survey method. His study took the title "The Influence of Visual Media, Readiness And Motivation Learning Against Interest Learning Economy Lesson Student Class X in SMA Negeri 1 PURWOKERTO". The respondents that is used in this research is the 106 respondents. In this research, sampling technique which chosen was Proportional Simple Random Sampling Technique. Methods of collecting data using observation, documentation and questionnaire. The validity instrument testing with Product Moment correlation and reliability instrument testing with Cronbach Alpha. Analysis of stipulation testing included normality tesing, homogeneity test and linearity testing. The data analysis using multiple linear regression. Based on the results and data analysis according to the respondent's answer about visual media by 43.02% answered agree, it shows that the influence of visual media for the respondent is high. Regarding the readiness of study respondents most choose the answer less agree that is equal to 34.20% which means readiness of respondents are in the category high enough. Regarding the motivation of study respondents most chose the answer agree with the percentage of 37.81% which means that the motivation of study respondents are in the high category. Regarding the interest of respondents most choose the answer agree with the percentage of 36.36% which means that the interest of respondents are in the high category. Through the classical assumption test known that the data is normally distributed, the data is homogeneous, and between variables have a linear relationship. Obtained by regression equation for this research Y = -0,443 + 0,285X_1 + 0,599X_2 + 0,224X_3, so it can be concluded that there is a positive and significant influence between independent variables (visual media, readiness study, and learning motivation) to the dependent variable (interest in learning). But if the three independent variables are not changed or constant it will be a decrease in student learning interest. According to F test results obtained value F_hitung 67.703 while F_tabel of 2.694, so F_hitung > F_tabel then the model in this study stated fit or fit. While the test results partially obtained t_hitung with a significance level of 5% for each variable such as for visual media 4,366, for readiness to learn 7,235, and for motivation to learn 2,838. so it can be concluded that there is a partial influence between each independent variable to the dependent variable.
Kata KunciMedia visual, kesiapan belajar, motivasi belajar, dan minat belajar
Nama Pembimbing 1Dr. Haryadi, M.Sc
Nama Pembimbing 2Lina Rifda Naufalin S.Pd, M.Pd
Tahun2018
Jumlah Halaman120
Page generated in 0.0564 seconds.