View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)E1A014217
Nama MahasiswaRENARA THEAZITA ARAMINTA
Judul ArtikelKESADARAN HUKUM TENAGA KEFARMASIAN TERHADAP STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK (STUDI PADA APOTEK DI KOTA PURWOKERTO)
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesadaran hukum tenaga kefarmasian terhadap standar pelayanan kefarmasian di Apotek dan faktor apa saja yang mempengaruhi kesadaran hukum tenaga kefarmasian di Apotek yang berada di kota Purwokerto. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan yuridis sosiologis dengan spesifikasi penelitian deskriptif. Penelitian ini mengambil lokasi di Apotek yang berada di kota Purwokerto dengan jumlah responden sebanyak 20 tenaga kefarmasian di Apotek yang berada di kota Purwokerto. Metode pengambilan sampel ini menggunakan metode simple random sampling. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan penelitian di lapangan. Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran angket/kuisioner. Data sekunder diperoleh dari penelitian kepustakaan, dengan melakukan kajian pustaka. Data yang telah diperoleh disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan tabel silang. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa kesadaran hukum tenaga kefarmasian yang berada di kota Purwokerto terhadap standar pelayanan kefarmasian di Apotek adalah tinggi. Hal ini dibuktikan dengan tingginya pengetahuan hukum, pemahaman hukum, sikap hukum, dan pola perilaku hukum tenaga kefarmasian terhadap standar pelayanan kefarmasian di Apotek. Selain itu diperoleh pula faktor yang memengaruhi kesadaran hukum tenaga kefarmasian terhadap standar pelayanan kefarmasian di Apotek yaitu faktor hukum, penegak hukum, sarana atau fasilitas pendukung/pendidikan, masyarakat dan kebudayaan.
Abstrak (Inggris)This research aims to determine the legal awareness of pharmaceutical worker to standard of pharmaceutical services in pharmacies and any factors that affect the legal awareness of pharmaceutical workers in pharmacies located in the city of Purwokerto. In this research, the writer uses quantitative research method with sociological juridical approach with descriptive research specification. This research took place in pharmacy located in Purwokerto city with the number of respondents as many as 20 pharmaceutical workers in pharmacy where located in Purwokerto city. This sampling method using simple random sampling method. Types and sources of data in this study include primary data and secondary data. Primary data obtained by doing research in the field. Data collection was obtained through questionnaires / questionnaires. Secondary data obtained from library research, by doing literature review. The data has been obtained presented in the form of frequency distribution table and cross table. Based on the result of the research, it can be concluded that the legal awareness of pharmaceutical workers in Purwokerto city towards standard of pharmaceutical services in pharmacies is high. This is evidenced by the high level of legal knowledge, legal understanding, legal attitude, and the pattern of legal behavior of pharmaceutical worker to the standard of pharmaceutical service in pharmacies. In addition, there are also factors that influence the legal awareness of pharmaceutical worker to standard of pharmaceutical services in pharmacies, namely legal factors, law enforcers, supporting facilities / education, society and culture.
Kata KunciKesadaran hukum, Tenaga kefarmasian, Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek
Nama Pembimbing 1Drs. Antonius Sidik Maryono, S.H., M.S.
Nama Pembimbing 2Alef Musyahadah Rahmah, S.H., M.H.
Tahun2018
Jumlah Halaman17
Page generated in 0.0592 seconds.