View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1A014052
Nama MahasiswaNIKMAH SAFITRI
Judul ArtikelPROSPEK DAYA SAING DAN SPESIALISASI PERDAGANGAN EKSPOR LADA INDONESIA DI PASAR ASIA TAHUN 2006-2016
AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana trend perkembangan volume dan nilai ekspor lada Indonesia tahun 2006-2016 di pasar Asia, menganalisis daya saing ekspor lada Indonesia di pasar Asia tahun 2006-2016 dan menganalisis spesilasasi perdagangan ekspor lada Indonesia di pasar Asia tahun 2006-2016. Penelitian ini menggunakan analisis trend, daya saing dan spesialisasi perdagangan. Dalam menganalisis trend perkembangan volume dan nilai ekspor lada Indonesia dengan metode least square dan menganalisis daya saing ekspor komoditas lada Indonesia berupa keunggulan komparatif digunakan alat analisis RCA (Revealed Comparative Advantage), sedangkan untuk menganalisis spesialisasi perdagangan berupa keunggulan kompetitif digunakan alat analisis Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP). Negara-negara yang menjadi objek penelitian ini adalah Vietnam, India, Singapura, Jepang, Cina dan Malaysia. Hasil analisis dengan trend perkembangan volume ekspor lada Indonesia menunjukkan bahwa volume ekspor lada Indonesia ke pasar Vietnam, India, Jepang, Cina dan Malaysia memiliki trend yang positif, sedangkan pada pasar Singapura komoditas ini memiliki trend volume ekspor yang negatif. Selanjutnya untuk trend perkembangan nilai ekspor lada Indonesia menunjukkan bahwa nilai ekspor lada Indonesia ke pasar Vietnam, India, Singapura, Jepang, Cina dan Malaysia memiliki trend yang positif. Hasil analisis dengan metode RCA menunjukkan bahwa komoditas lada Indonesia memiliki keunggulan komparatif di pasar Vietnam, India, Singapura dan Cina. Sedangkan pada pasar Jepang dan Malaysia komoditas lada Indonesia tidak memiliki keunggulan komparatif. Hasil analisis dengan metode ISP menunjukkan bahwa komoditas lada Indonesia memiliki keunggulan kompetitif di pasar Vietnam, India, Singapura, Jepang dan Malaysia, sedangkan di pasar Cina komoditas ini tidak memiliki keunggulan kompetitif karena memiliki rata-rata nilai ISP yang negatif.
Abstrak (Inggris)The purpose of this research is to analyze how the development trend export volume and value of Indonesian pepper in 2006-2016 in Asian market, analyze competitiveness of Indonesian pepper export in Asian market in 2006-2016 and analyze trade specialization of Indonesian pepper export in Asian market in 2006-2016. This research uses trend, competitiveness and trade specialization analysis. In analyzing the development trend of volume and value of Indonesian pepper export with least square method and analyzing export competitiveness of Indonesian pepper in the form of comparative advantage used RCA (Revealed Comparative Advantage) analysis, while to analyze trade specialization in the form of competitive advantage used Index of Trade Specialization analysis. The countries that are the object of this research are Vietnam, India, Singapore, Japan, China and Malaysia. The result of analysis with the development trend of Indonesian pepper export volume shows that the export volume of Indonesian pepper to Vietnam, India, Japan, China and Malaysia have a positive trend, while in Singapore this commodity has negative trend. Furthermore, for the development trend of Indonesian pepper export value shows that export value of Indonesian pepper to Vietnam, India, Singapore, Japan, China and Malaysia have a positive trend. The result of analysis by Revealed Comparative Advantage method shows that Indonesian pepper commodity has comparative advantage in Vietnam, India, Singapore, and China. Where as in Japan and Malaysia, Indonesian pepper commodity does not have a comparative advantage. The result of analysis by Index of Trade Specialization method shows that Indonesian pepper commodity has competitive advantage in Vietnam, India, Singapore, Japan and Malaysia, while in China this commodity does not have competitive advantage because it has negative Index of Trade Specialization value.
Kata KunciDaya saing, Komoditas lada, Trend, Revealed Comparative Advantage, Indeks Spesialsasi Perdagangan
Nama Pembimbing 1Drs. Sukiman, M.P.
Nama Pembimbing 2Dr. Diah Setyorini G., S.E., M.Si
Tahun2018
Jumlah Halaman34
Page generated in 0.0518 seconds.