View Artikel Ilmiah

Kembali
NimG1F011053
NamamhsREZA SATRIA BAYUAJI
Judul ArtikelHubungan Karakteristik Pasien Dengan Kepuasan Pasien Terhadap Layanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto
AbstrakKepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkan dengan apa yang dirasakan. Karakteristik pasien dapat memengaruhi tingkat kepuasan pasien dalam hal mutu pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefamasian dan mengetahui hubungan antara karakteristik pasien dengan tingkat kepuasan pasien di Instalasi Rawat Jalan di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Penelitian ini menggunakan desain studi cross-sectional pada pasien di Instalasi Farmasi Rawat Jalan di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto selama satu bulan. Data diambil secara accidental-sampling sebanyak 65 pasien. Pengumpulan data menggunakan kuesioner kepuasan PSPS (Patient Satisfaction with Pharmaceutical Service). Data yang didapatkan dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien. Hubungan kepuasan pasien terhadap layanan kefarmasian dengan jenis kelamin diuji dengan independent t-test dan pekerjaan pasien diuji dengan Mann-Whitney, sedangkan Hubungan kepuasan pasien terhadap layanan kefarmasian dengan usia dan pendidikan pasien diuji dengan Kruskal-Wallis. Hasil tingkat kepuasan pasien adalah 79,5%, tergolong kepuasan baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien adalah apoteker menggali riwayat pasien, pengetahuan apoteker, bahasa yang digunakan apoteker, dan sikap apoteker. Tidak ada perbedaan antara kepuasan pasien dengan jenis kelamin (p > 0,05). Terdapat perbedaan kepuasan pasien dengan usia (p < 0,05), pekerjaan (p < 0,05), dan tingkat pendidikan pasien (p < 0,05).
Abstrak (Inggris)Patient satisfaction is a level of feeling that arises as a result of the performance of health services obtained after the patient compares with what is perceived. Patient characteristics may affect patient satisfaction levels in terms of health care quality. This study aims to determine the level of patient satisfaction with the service of kefamasian and know the relationship between patient characteristics with the level of patient satisfaction in the Outpatient Installation in RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. This study used a cross-sectional study design on the patients in the Outpatient Pharmacy Installation at RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto for one month. The data were taken by accidental sampling of 65 patients. The data were collected using PSAT (Patient Satisfaction with Pharmaceutical Service) Satisfaction Questionnaire. The data obtained were analyzed descriptively to know the level of patient satisfaction. The relationship of patient satisfaction to pharmaceutical service with sex was tested with independent t-test and the patient's work was tested with Mann-Whitney, while the patient's satisfaction relationship to pharmaceutical service with age and patient education was tested with Kruskal-Wallis. The result of patient satisfaction level is 79,5%, belong to good satisfaction. Factors affecting patient satisfaction are pharmacists exploring patient history, pharmacist knowledge, language used by pharmacist, and pharmacist attitude. There was no difference between patient satisfaction and gender (p> 0.05). There were differences in patient satisfaction with age (p <0.05), occupation (p <0.05), and patient education level (p <0.05).
Kata Kuncikarakteristik pasien, kepuasan pasien, pelayanan kefarmasian, Instalasi Farmasi Rawat Jalan, RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto.
Nama Pembimbing 1Laksmi Maharani, M. Sc., Apt.
Nama Pembimbing 2Esti Dyah Utami, M. Sc., Apt.
Tahun2018
Jml halaman8
Page generated in 0.0773 seconds.