View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1M014003
Nama MahasiswaYULINDA SISKA MINTARI
Judul ArtikelPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VII SMP N 4 PURWOKERTO
AbstrakPenelitian ini berjudul “ Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII SMP N 4 Purwokerto”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP N 4 Purwokerto melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas VII B SMP N 4 Purwokerto. Terdapat 17 siswa (46,88%) dari 32 siswa yang belum tuntas belajar dengan nilai rata-rata kelas 66,65. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar ranah kognitif siklus I mencapai 74,72 meningkat pada siklus II mencapai 81,47. Hasil belajar ranah kognitif yang meningkat dapat juga dibuktikan dengan hasil uji beda paired sample t-test yaitu Z hitung data awal dengan siklus I sebesar -2,74 dan Z hitung siklus I dengan siklus II sebesar -2,79. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, kemudian terdapat peningkatan rata-rata nilai siswa pada siklus I dengan siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar ranah kognitif pada siklus I sebesar 71,87% meningkat pada siklus II sebesar 87,5%. Persentase hasil belajar ranah afektif pada siklus I sebesar 72,85% meningkat pada siklus II menjadi 86,43%. Persentase hasil belajar ranah psikomotor pada siklus I sebesar 72,54% meningkat pada siklus II menjadi 79,91%. Implikasi dari penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar IPS siswa kelas VII B SMP N 4 Purwokerto. Siswa sudah mulai antusias mengikuti pembelajaran, aktif bertanya, berpendapat dan saling membantu teman dalam rangka pemahaman materi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT selain dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitif, juga dapat meningkatkan hasil belajar ranah afektif dan psikomotor.
Abstrak (Inggris)This research entitled "Application of Cooperative Learning Model Type Teams Games Tournament (TGT) On Social Science Subjects of Students Class VII Junior High School 4 Purwokerto". The purpose of this research is to analyze the learning result of social science subject of students class VII Junior High School 4 Purwokerto through cooperative learning model of Teams Games Tournament (TGT) type. The problem of this research is the low result in learning social science subject of student of class VII B State Junior High School 4 Purwokerto. There are 17 students (46.88%) of 32 students unfinished their studying with an average grade of class at 66.65. The results of this study indicate that the application of cooperative learning model type Teams Games Tournament can improve students' social science learning outcomes. It can be seen from the average grade of cognitive learning outcomes cycle 1 reached 74.72 and increase in cycle II until 81.47. The improvement of cognitive learning can also proved by the results of different test paired sample t-test, which is Z count initial data with the first cycle of -2.74 and Z count the cycle I with cycle II of -2.79. It shows that there is difference of mean of student's grade before and after applying of cooperative learning model type TGT, then there is improvement of mean of student grade in cycle I with cycle II. The complete percentage of cognitive learning outcomes in cycle I of 71,87% and increase in cycle II to 87,5%. The percentage of the affective learning outcomes in the cycle I of 72.85% and increased in the cycle II to 86.43%. The percentage of psychomotor learning outcomes in the cycle I of 72.54% and increased in cycle II to 79.91%. The implication of this research is the increasing of social science learning result of class VII B of SMP N 4 Purwokerto. Students have started enthusiastically follow the learning, actively ask questions, give opinions and help each other in order to understanding the material. The conclusion of this research is by applying cooperative learning model type TGT, not only can improve cognitive learning result, but also improve learning result of affective and psychomotor aspect.
Kata KunciMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF, TEAMS GAMES TOURNAMENT, HASIL BELAJAR
Nama Pembimbing 1Drs. Herman Sambodo, M.P.
Nama Pembimbing 2Lina Rifda Naufalin, S.Pd, M.Pd.
Tahun2018
Jumlah Halaman136
Page generated in 0.0572 seconds.