View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1C013048
Nama MahasiswaBIA PERMATA PUTRI
Judul ArtikelAnalisis Reaksi Pasar Disekitar Tanggal Pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Emiten Syariah di Indonesia Berdasarkan Jumlah Kapitalisasi Pasar.
AbstrakPenelitian ini manganalisis reaksi pasar atas informasi yang diungkapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST). Tujuan penelitian ini adalah untuk secara empiris menguji terjadinya reaksi pasar atas peristiwa RUPST dan mengetahui perbedaan abnormal return berdasarkan tingkat kapitalisasi pasar pada perusahaan syariah di Indonesia. Populasi dalam penelitian ini perusahaan yang melakukan Corporate event RUPST dan sahamya terdaftar dalam Jakarta Islamic Index (JII) dan Indonesia Sharia Stock Index (ISSI) selama periode 2015-2017. Jumlah sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah 40 emiten. Penelitian ini menngunakan metode purposive sampling. Sampel dipilih berdasarkan kategori nilai kapitalisasi pasar yang memiliki return dinamis dan selalu melakukan corporate event RUPST tahun 2015-2017. Penelitian ini mengestimasi abnormal return dengan menggunakan Capital Asset Pricing Model (CAPM) sebagai return ekspektasi minimun untuk memperoleh abnormal return. Alat Analisa yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah SPSS 24. Penelitian ini melakukan uji beda non parametrik karena data yang tidak terdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tidak terjadi reaksi pasar yang signifikan di sekitar tanggal pelaksanaan RUPST dan Tidak terdapat perbedaan rata-rata abnormal return antara perusahaan yang memiliki jumlah kapitalisasi pasar tinggi dengan perusahaan yang memiliki jumlah kapitaisasi pasar rendah.
Abstrak (Inggris)This study analyzes the market reaction to the information disclose in the Annual General Meeting of Shareholders (AGM). The purpose of this research is to empirically investigate market reaction to AGM event and to know the difference of abnormal return based on market capitalization rate in syariah company in Indonesia. The population in this study company conducting Corporate Event AGM and its shares are listed in the Jakarta Islamic Index (JII) and Indonesia Sharia Stock Index (ISSI) during the period 2015-2017. The number of samples in this study are 40 samples. This research uses purposive sampling method. The sample is based on the category of market capitalization value which has dynamic return and always conducts corporate event of AGM in 2015-2017. This study estimates the abnormal return by using Capital Asset Pricing Model (CAPM) as the minimum expectation return to obtain abnormal return. This Reasearch using non parametric test. The results of this study indicate that corporate events AGMS produce Abnormal Return, but do not show a significant market reaction. . Similarly, there is no significant abnormal return difference based on the market capitalization rate.
Kata KunciKata Kunci: Abnormal return, RUPST, Kapitalisasi Pasar, Event study, Reaksi Pasar
Nama Pembimbing 1Dra. Atiek Sri Purwati, M. Si. Ak, CA
Nama Pembimbing 2Drs. Syaiful Azhar, M.Si.
Tahun2018
Jumlah Halaman17
Page generated in 0.0505 seconds.