View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1A014021
Nama MahasiswaNADEA ANNAJJASYI
Judul ArtikelANALISIS PENDAPATAN DAN EFESIENSI USAHATANI PEMBENIHAN GURAMI DI DESA SINGASARI KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATE BANYUMAS.
AbstrakPenelitian ini mengambil judul: "Analisis Pendapatan dan Efisiensi Sistem Pertanian Pertanian di Desa Singasari, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas". Tujuan penelitian ini adalah menghitung pendapatan dari usaha pembenihan gurami di Desa Singasari, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, dan untuk mengukur efisiensi usahatani gurami di Desa Singasari, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan metode pengumpulan data dilakukan dengan menggabungkan data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis pendapatan dan analisis rasio R / C. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa: (1) pendapatan usahatani gurami gurami sebesar Rp97.425.500,00, sedangkan total biaya yang dikeluarkan sebesar Rp61.872.693,00, maka laba yang diperoleh dari usahatani ikan mas di Desa Singasari Februari-Maret 2018 sebesar Rp35.552.807,00 atau setiap petani mendapat untung Rp592.547,00 per petani. (2) nilai Revenue Cost Ratio (RCR) yang diperoleh dari budidaya pembenihan gurami adalah 1,57. Jadi pertanian pertanian pembenihan di Desa Singasari telah memberikan manfaat dan efisien yang dapat dikembangkan, karena penerimaan yang diterima oleh petani lebih besar dari biaya yang dikeluarkan oleh petani selama satu kali bertelur. Dengan hasil yang baik memberikan prospek bagi petani, oleh karena itu untuk meningkatkan keuntungan dan meningkatkan efisiensi.
Abstrak (Inggris)This research takes the title: "Analysis of Revenue and Efficiency of Farming Farming System in Singasari Village, Karanglewas Sub-district, Banyumas Regency". The purpose of this research is to calculate the income from gouramy hatchery farming in Singasari Village, Karanglewas Subdistrict, Banyumas Regency, and to measure the efficiency of farm gouramy farming in Singasari Village, Karanglewas Sub-district, Banyumas Regency. The research method used is quantitative method and data collection method is done by combining primary data and secondary data. The method of analysis used in this research is to use income analysis and R / C ratio analysis. Based on the result of the research, it is shown that: (1) the gouramy carp breeding income is Rp97.425.500,00, while the total cost incurred is Rp61,872,693.00, hence the profit earned from carp farming farm in Singasari Village in February-March 2018 amounting to Rp35,552,807.00 or each farmer earns a profit of Rp592.547,00 per farmer. (2) the value of Revenue Cost Ratio (RCR) obtained from gouramy hatchery farming is 1.57. So farming hatchery farming in Singasari Village has provided benefits and efficient that can be developed, because the acceptance obtained by farmers is greater than the cost incurred by farmers during one spawn. With good results give prospects for farmers, therefore to improve profits and improve efficiency.
Kata KunciPendapatan, Efisiensi, Pertanian, Pembenihan, Gourami.
Nama Pembimbing 1Drs. Sudjarwanto, M.Si.
Nama Pembimbing 2Drs. Sukiman, M.P.
Tahun2018
Jumlah Halaman83
Page generated in 0.0578 seconds.