View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C2C016042
Nama MahasiswaKURNIAWAN ADI SARJONO
Judul ArtikelPENGARUH PERSEPSI RESIKO, KENIKMATAN BELANJA, DAN DESAIN SITUS TERHADAP NIAT BELI ONLINE (STUDI PADA PELANGGAN ZALORA)
AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh persepsi resiko, kenikmatan belanja, dan desain situs terhadap niat beli online dalam konteks online shop dengan produk fashion dan aksesoris Zalora. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi niat pembelian konsumen secara online, terutama mengenai faktor persepsi resiko, kenikmatan belanja, dan desain situs. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Responden berjumlah 100 orang yang diambil di wilayah Kota Purwokerto. Metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling digunakan dalam metode sampling dalam penelitian ini. Untuk menguji hubungan antar variabel digunakan metode analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi resiko berhubungan negatif dan signifikan terhadap niat beli online, kenikmatan belanja berhubungan positif dan signifikan terhadap niat beli online, dan desain situs berhubungan positif dan signifikan terhadap niat beli online. Hal ini memberikan masukan bagi perusahaan untuk memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan kepada para konsumen bahwa transaksi online dilakukan sesuai dengan yang dijanjikan demi meminimalisir resiko kerugian. Selain itu juga perlu menampilkan foto dan video mengenai produk-produk yang dijual dengan susunan yang menarik dan pengaturan (setting) yang memudahkan konsumen dalam berbelanja secara online dan meningkatkan kualitas desain situs melalui menambahkan fitur-fitur yang dibutuhkan oleh para konsumen
Abstrak (Inggris)The purpose of this study is to analyze and determine the effect of risk perception, shopping enjoyment, and site design on online purchase intentions in the context of an online shop with fashion products and accessories Zalora. The results of this study are expected to provide recommendations on factors that affect the intentions of consumer purchases online, especially regarding risk perception factors, shopping enjoyment, and site design. Quantitative approach used in this research. Respondents numbered 100 people taken in Purwokerto City area. Method of non probability sampling with purposive sampling technique used in sampling method in this research. To test the relationship between variables used simple linear regression analysis method. The results show that risk perception is negatively and significantly related to online purchase intentions, shopping enjoyment is positively and significantly related to online purchase intentions, and site design is positively and significantly related to online purchasing intentions. This provides input for the company to provide security and comfort to the consumer that online transactions are done as promised in order to minimize the risk of loss. It also needs to display photos and videos of products that are sold with an attractive arrangement and settings that make it easy for consumers to shop online and improve the quality of site design through adding features needed by consumers.
Kata KunciPersepsi Resiko; Kenikmatan Belanja; Desain Situs; Niat Beli Online
Nama Pembimbing 1Dr. Pramono Hari Adi, MS
Nama Pembimbing 2Dr. Nur Choirul Afif, SE, M.Si.
Tahun2018
Jumlah Halaman6
Page generated in 0.05 seconds.