View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)G1B014044
Nama MahasiswaJONA A. SIMAMORA
Judul ArtikelFAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUHAN LOW BACK PAIN PADA PERAJIN BATOK KELAPA DI UMKM MANUNGGAL KARYA DESA PURBALINGGA WETAN
AbstrakLatar Belakang : Low Back Pain adalah suatu sindroma nyeri yang terjadi pada bagian pinggang yang merupakan akibat dari berbagai sebab. Gangguan ini paling banyak ditemukan di tempat kerja, terutama pada mereka yang beraktivitas dengan posisi tubuh yang salah. Industri batok kelapa di UMKM Manunggal Karya Desa Purbalingga Wetan merupakan industri informal yang memiliki risiko keluhan LBP, diantaranya umur pekerja rata-rata > 35 tahun dan sikap kerja yang tidak ergonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan keluhan LBP pada perajin batok kelapa di UMKM Manunggal Karya Desa Purbalingga Wetan. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi merupakan perajin batok kelapa di UMKM Manunggal Karya. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 32 responden. Pengolahan data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji Chi Square dengan derajat kepercayaan 95%. Hasil : Hasil penelitian didapatkan ada hubungan umur (p=0,023) dan sikap kerja (p=0,035), dan tidak ada hubungan indeks massa tubuh (IMT) (p=0,646), kebiasaan merokok (p=1,000), kebiasaan olahraga (p=0,654), beban kerja (p=1,000) dan lama kerja (p=0,691). Simpulan : Variabel yang berhubungan dengan keluhan LBP pada perajin batok kelapa di UMKM Manunggal Karya Desa Purbalingga Wetan adalah umur dan sikap kerja.
Abstrak (Inggris)Background: Low back pain is a pain syndrome on the waist which is the effect of many factors. This syndrome is most found in work place, particularly on those who work with wrong posture. The coconut shell industry in UMKM Manunggal Karya Purbalingga Wetan Village is an informal industry that has Low Back Pain risks, those are the worker’s mean age is >35 years old and the worker’s posture is non ergonomic. The aim of this research is to know the factors correlated to LBP on coconut shell worker in UMKM Manunggal Karya Purbalingga Wetan Village. Methode: The type of this research is quantitative with Cross Sectional approach. The population is coconut shell worker in UMKM Manunggal Karya Purbalingga Wetan Village. The data is collected by purposive sampling technique and the amount of the respondent is 32. The data is analyzed by univariate and bivariate analysis using Chi Square test with confidence level 95%. Result: There is correlation between age (p=0,023) and work posture (p=0,035) with LBP and there is no correlation between Body Mass Index (BMI) (p=0,646), smoking habit (p=1,000), exercise (p=0,654), work load (p=1,000) and period of work (p=0,691) with LBP. Conclusion: The variables which correlated to LBP on coconut shell worker in UMKM Manunggal Karya Purbalingga Wetan Village are age and work posture.
Kata KunciLow Back Pain (LBP), perajin batok kelapa, umur, sikap kerja.
Nama Pembimbing 1Suryanto, S.KM., M.Sc
Nama Pembimbing 2Siti Harwanti, S.Kp., M.Kes
Tahun2018
Jumlah Halaman10
Page generated in 0.0465 seconds.